Tips Untuk Blogger Pemula

Alhamdulillah gue kembali bisa nulis blog dengan dalam keadaan sehat dan masih ganteng, hehe. Berhubung sekarang bulan ramadhan alangkah baiknya gue mengisi postingan-postingan yang bermanfaat buat gue sendiri dan orang lain.

Sebelum memasuki "Tips Untuk Blogger Pemula", izinkan gue buat ngebacot terlebih dahulu. Tujuan gue ngeposting ini bukan berarti menyatakan diri gue sebagai blogger handal secara tidak langsung, bukan. Tapi disini gue cuma pengen berbagi pengalaman yang mungkin pastinya bisa bermanfaat buat sahabat-sahabat blogger diluar sana. (ajigile bahasa gue keren banget ya)


Dan kita harus tahu dulu definisi blogger itu sendiri:

"Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakusisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL"

Ya, seperti itulah sekiranya definisi blogger versi WIKIPEDIA.

Jadi dalam hal ini, seseorang yang membuat sebuah website sederhana berupa blog dengan maksud tujuan tertentu biasa menamakan dirinya sebagai seorang: Blogger.

Dan kesimpulannya semua orang bisa menjadi Blogger, dan blogger itu nggak ada tingkatan-tingkatan. seperti katakanlah Blogger Handal atau Blogger Professional. Mereka (Blogger Pemula) bukan tingkatan blogger terendah, melainkan seseorang yang masih belum menguasai rahasia-rahasia yang bisa dilakukan dengan blog. Atau bisa dikatakan masih newbie, belum paham betul seluk beluk blog. ya istilahnya masih dalam proses belajar.



Menurut gue ya semua blogger pasti diawali dengan menyandang predikat ini, termasuk gue. Jadi tidak menutup kemungkinan seorang blogger pemula tidak bisa menjadi jago hehe.

tenang, tipsnya pasti gue kasih santai-santai aja dulu. sambil ngebayangin es buah dengan susu dan sirup meleleh ditenggorokan, sihiiy !! gue nulis ini malam lagi nggak sedang berpuasa. bagi yang baca tulisan ini pada malam hari ya syukur, bagi yg baca siang hari ya syukurin. ahahhaa

salam ES CAMPUR!



kayaknya gue salah gambar ya? oke sorry.

dan baiklah saatnya kita menyelam lebih dalam kepada pembahasan kita kali ini.

Sebagai blogger pemula, biasanya cenderung nggak bisa ngeliat suatu hal yang "WAH" atau hebat dimata mereka. seperti contohnya : dulu sewaktu gue tau blog dan baru punya blog, gue ngeliat sebuah blog yang diisi oleh widget animasi gerak-gerak dan suara musik. dalam hati gue: "Anjis keren banget, gue pengen ini ada diblog gue. terus gue cari dan gue taruh di blog gue.

Ya, blogger pemula seperti itu. Ternyata gue baru sadar itu yang keliatan norak. Bahkan semua widget pernah pengen gue pasang tanpa memperdulikan tujuan dan pengunjung blog gue nyaman atau enggak. intinya keren (bagi gue pada saat itu)

Perasaan seperti itu yang gue maksud ada pada diri blogger pemula, dan sebenarnya sebelum kamu mau seperti itu alangkah baiknya untuk tau tujuan dan efek apa sih yang akan ditimbulkan jika kamu membuat itu.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -  Cut Here 8< - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Dalam blog, ada dua hal yang harus kamu perhatikan, dan dua hal ini adalah poin utama dalam sebuah blog. yaitu:

1) TAMPILAN
2) PENULISAN

Kamu, harus menguasai dan tau dasar dalam dua poin tersebut. Mungkin sulit buat menguasai, tapi coba buat mengerti dan belajar per-tahap karena semua diawali dari "0" . Gue contohnya, dulu blog gue norak banget! tulisan gue berantakan, dan mungkin hampir nggak ada pengunjung yang berkunjung ke blog gue (yaah malah tjurhat)

Kenapa harus tampilan?

kesan pertama yang dilihat pengunjung pada sebuah blog adalah  tampilan, jika tampilan kamu norak warna mencolok, widget pengganggu dimana-mana. apa pengunjung itu betah dan bertahan lama? logikanya seperti itu. Dan mungkin baru beberapa detik dia udah close tab blog kamu. miris.

Kenapa Tulisan?

hahaha, isi dalam blog mungkin rata-rata didominasi oleh tulisan. Jadi ini penting banget, jika kamu menuliskan sebuah cerita pengalaman didalam sebuah postingan dengan gaya tulisan yang berantakan, jawabannya adalah pengunjung tidak akan mengerti apa yang kamu ceritakan, apa yang kamu sampaikan dan alhasil tulisan kamu diblog hanya sia-sia.

Kamu mungkin bisa mempelajari dasar dan tau tentang TAMPILAN disini.
dan kalau penulisan, gue juga masih belum paham jadi belum berani buat membahas itu, kamu bisa browsing dan cari tau sendiri, hehe.

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -  Cut Here 8< - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

Dan saatnya memasuki bagian inti yang mungkin dari tadi ditunggu-tunggu oleh para pembaca, Tips Untuk Blogger Pemula:

1) NIAT
pertama adalah NIAT, sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa semua diawali oleh niat. Dan niat yang  gue maksud adalah begini, kamu sebagai blogger harus punya niat ? kenapa? karena dominan blogger pemula hanya ingin semua serba instan buat menjadikan blognya lebih terkenal , tenar dan pengen banyak pengunjung, alhasil menjadi seorang COPAST BLOG(Copast tulisan blog orang lain).

Bahkan tujuan adanya niat adalah kamu bisa belajar nggak semuanya serba instan, kalau nggak punya niat ya semua pengen gampang aja. sebagai contoh pointer gue sekarang, kalau seorang blogger pemula udah punya niat dia pasti mencoba buat tau sendiri dengan cara browsing, dan itu menambah ilmu kamu juga. 

2) TUJUAN

kedua adalah TUJUAN, apa sih tujuan kamu ngeblog? semua blogger punya tujuan berbeda-beda, banyak tujuan orang ngeblog:

- sebagai media promosi produk

- sebagai website fanspage

- sebagai media untuk bercerita atau menampilkan bakat. 
menceritakan kisah sehari-hari, atau mungkin jago puisi ya menulis puisi, yang jago artwork ya memperkenalkan hasil karya nya dengan blog . 

ya dan tujuan gue ngeblog adalah ini : gue menceritakan kisah hidup gue yang nanti suatu saat bakalan bisa jadi sebuah cerita untuk gue tertawakan sendiri atas kekonyolan pengalaman berharga yang tidak bakalan terulang.

karena banyanya tujuan orang ngeblog, dan kamu juga harus punya tujuan apa yang akan kamu lakukan, dan bagaimana kamu menjadikan blog kamu sebagai apakah dia? (ceileh bahasanya)

3) INTERAKSI

Sebagai blogger hal ini adalah yang sangat penting, bagaimana bisa orang tau blog kamu kalau kamu nggak pernah berinteraksi. Banyak media buat kamu berinteraksi dengan blogger lain yang tujuannya kamu bisa belajar banyak dari yang udah punya banyak pengalaman. 

Bukannya promosi atau apapun, sebagai contoh kamu bisa ikut komunitas blogger : Kancut Keblenger, Jamban Blogger, Dan lain sebagainya. Gue salah satu anggota mereka, dan alhamdulillah blog gue sekarang lumayan dikenal.

4) SOPAN

Jadilah blogger yang sopan, karena sekarang banyak blogger yang kurang ajar . Datang kesebuah blog langsung menuju kolom komentar dan ngepost "KUNJUNG BALIK EA KAKAK!!!" kamu pengen blog kamu ramai dikunjungi sedangkan kamu nggak memberikan kesan positif kepada mereka, begimana bisa?? 

Cobalah buat sedikit sopan, ya baca blognya dia beri komentar positif atau KRITIK YANG MEMBANGUN, bukan kritik yang mencemooh atau melecehkan. 

Mungkin dengan minimal kamu sering komentar blog dia 3 KALI berturut-turut pasti dia berfikir dan punya niatan "buat ngunjungin blog kamu".

5) RAJIN

Ini poin terakhir, jadilah blogger yang rajin. karena sekarang banyak orang yang rajin cuma diawal doang. sebagai blogger pemula, jangan pernah malas buat cari tau segala sesuatu tentang blog! nggak perlu ahli, tapi setidaknya kamu tau dan bisa menjawab ketika orang nanya. hehe

mungkin cukup segini dulu, maaf kalau sekiranya bahasa tulisan gue masih berantakan dan sulit dimengerti atau ada kata yang salah , pemahaman yang rumit atau apalah. karena manusia nggak luput dari kesalahan dan dosa (yaelah broh) .

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -  Cut Here 8< - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -

keep calm and stay blogging 

eh bener nggak sih bahasa inggrisnya, wkwkwk . 

OKE SALAM BLOGGER DARI SEMUT IMUT!!



17 Cibiran

kadang suka kesel sendiri kalo blogwalking ke blog yang ada musiknya. selera musik orang kan beda-beda. apalagi kalo blognya isinya iklan semua. :|

mending tampilan yang simple2 aja lah hahaha

Balas

nah! pas pin! sama jadi bisanya cuma nyinyirin aja biar sadar sendiri wkwkwk

Balas

3 terbawah memang yang menentukan.. blog bagus isi bagus yang punya songong ya gregetan yang baca.. dan kadang ada blogger lain yang nyolot.. erwww.....

Balas

semua itu emang bener buat newbie, tapi namanya karakter orang kan beda2. yang penting ringan tangan aja kalo jadi blogger ;;)

Balas

Hahahaha bener banget, kalo ada blog yang udah berat bange langsung gue close. Ya gimana nggak emosi cuma dibawa scroll dikebawahin aja udah lelet -_-

Balas

Eitss, masih ada yg kurang. "Idealisme", karena idealisme dibutuhin blogger untuk bertahan. Karena ngeblog ngga selamanya mulus, kadang semangat tinggi dan kadang redup :|

Balas

ahahah iya tuh, dulu pas pertama bikin blog semua widget dipasang xD

Balas

hahah setuju, dulu gue pertama ngeblog copas. Tapi baru 3kali. Abis itu di apus lagi. dan sekarang jadi deh blog gue yg sesungguhnya (gak copas)

Balas

Pas pertama ngeblog gue sibuk sama widget, template, tapi gak mikirin isinya haha

Balas

yang pasti kalo blognya ribet tampilannya walaupun tulisan (mungkin) menarik tetap aja ngebetein.. mungkin blog macem begitu emang di konsumsi buat dia pribadi kali ya..

Balas

Iya Kak, aku dulu pertama punya blog juga pernah ngalamin hal2 begituan. Sekarang udah nggag. :)

"sederhana tapi keren"

Happy blogging!!

Balas

Inget masa2 alay gue dulu. Walaupun skrg masih alay juga. Hehe

Balas

cakep gan postingannya..

tolong di cek yah masih newbie http://tuyul-kribo.blogspot.com

kalo sempet komen-nya sekalian
makasih :)

Balas

DULU BLOG ANE KAYAK GITU :V

Balas

makasih tipsnya :)
seengaknya bermanfaat buat aku yang masih newbie :D

Balas

Okeh, tutorial lagi. Nambah beberapa ilmu tentang ngeblog!
Yoih bener tuh, jangan kebanyakan iklan ama widget. paling benci deh gue ama iklan top up isinya Viagra. #Wadow# bikin mata sakit aja. Iklan gitu kok ditaro didepan yah.

Balas

dulu pertama gue punya blog sih kaya gitu semua dipasang, ternyata gua baru sadar kalo itu ngebuat pengunjung (kaya mol aje) hahaha untungnya gue udah sadar dan mulai ngebangun blog dari '0' lagi hehehe

www.muhamadrifnaldy.blogspot.com

Balas

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!