Tips PKL buat anak SMK

Biasanya sih sebelum ngeblog gue makan dulu, tapi entah kenapa untuk postingan kali ini gue malah nulis sambil makan. Gak terasa sekarang udah hari sabtu aja dan malam minggu (lagi) dalam keadaan sendiri (lagi). 

Di Timeline gue lagi pada sibuk ngomongin geisha yang konser malam ini di batam. Tapi gue malah lebih tertarik pada tweet-tweet adik kelas SMK yang ngomongin masalah PKL.

Apa itu PKL?

PKL (Praktek Kerja Lapangan), adalah kegiatan siswa buat praktek bekerja di sebuah perusahaan sesuai dengan jurusan mereka, praktek atas teori-teori yang telah didapatkan sebelumnya. biasanya PKL ini pada semester 1 kelas 11. tapi beberapa jurusan ada yang menetapkan PKL pada semester 2 kelas 11. kurang lebih seperti itu. biasanya rentan waktu PKL itu ada yang 6 bulan, 3 bulan DLL. tergantung sekolah.

Apa tujuan PKL?

tujuan nya agar para siswa bisa beradaptasi didunia industri atau perusahaan. Jadi mereka bisa mendapatkan pengalaman kerja yang mungkin tidak didapat oleh anak SMA. (Harusnya cewek-cewek SMA pada milih cowok SMK dong. yang jelas punya pengalaman kerja dan berpeluang besar untuk menjamin menafkahi) *benerin kerah*

Apa manfaat PKL?



PKL banyak manfaatnya:
- Memperoleh pengalaman dalam bekerja.
- Meningkatkan rasa sopan dan santun kepada atasan (orang yang lebih tua)
- Tahu betapa sulitnya mendapatkan uang (tujuan utama sih mencari ilmu)
- Lebih menghargai waktu dan bisa lebih dingin dalam pemecahan suatu masalah.
- Lebih bisa bertanggung jawab atas pekerjaan yang diberikan.
- Bisa ngecengin Tante-tante PT !! Wohooo!!
(kayaknya yang terakhir  ini bener-bener manfaat PKL)

oke lanjut...

Sebenarnya PKL itu mau gelombang pertama atau gelombang kedua, mau PKL yang pertama kali atau yang kedua. sama-sama punya kelebihan dan kelemahan masing-masing.

PKL PERTAMA:

Kelebihan:
- Lebih cepat merasakan dunia industri
- Nilai yang didapat dari perusahaan tidak menentukan kenaikan kelas.
- Guru Pembimbing disekolah lebih banyak waktu, karena di awal SEMESTER.

Kelemahan:
- Sulit dalam pembuatan laporan harus bekerja sendirian dan mati-matian.
- Tidak bisa mendapatkan pengalaman dari teman sebelum PKL.
- Harus berjuang belajar lagi di semester 2 kelas 11 (dan ini sangat membuat pusing)
- TIDAK BISA NGECENGIN ADIK KELAS YANG BARU MASUK !!!!!

biasanya karena sudah terbiasa dengan kebiasaan PT, jadi terbawa kesekolah. dan biasanya yang PKL pertama di semester 1 kelas 11 setelah selesai PKL, rasanya sulit menerima pelajaran yang diberikan. (karena gue yang ngerasain banget nih)

PKL KEDUA:

Kelebihan:
- Bisa mendapatkan informasi mengenai Laporan dari temen yang sebelumnya udah PKL duluan.
- Bisa mendapatkan pengalaman dari teman yang sebelumnya udah PKL duluan.
- Tidak lagi memikirkan pelajaran untuk kenaikan kelas.
- BERPELUANG BESAR MACARIN ADIK KELAS YANG BARU MASUK, karena berkurangnya saingan yang sedang PKL.

Kelemahan:
- Katanya sih nilai dari perusahaan menentukan kenaikan kelas (sebenarnya enggak juga, gue aja gak pernah dapat nilai dari perusahaan. minimal sikap baik dan gak pernah punya masalah di perusahaan it's okay :) )

- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Dulu gue pernah mikir, pas PKL :
1) Pengen rambut panjang
2) Gaji pertama untuk orang tua
3) Gaji kedua dan seterusnya ditabung (dibeli keperluan penting)
4) Waktu kosong gue habisin buat ngelakuin hal-hal sesuai hobi gue.

Ternyata semua itu "SALAH BESAR", justru anak PKL lebih diperhatikan dalam masalah rambut berpakaian dan sikap. semuanya dan itu hampir membuat gue gilaaa !

Gaji? it's okay gaji pertama sih memang bener buat orang tua. tapi gaji selanjutnya akan sulit untuk ditabung pengeluaran pasti lebih banyak, tiap awal bulan di tagih TRAKTIRAN dari pecinta gratis KAMPRET dari penjuru sudut sekolahan.

waktu kosong? gue pikir bakalan banyak ternyata minim juga. tiap malem mikirin laporan dan kecapekan kerja seharian. dan disitulah mulai berpikir :
"
Mending gue duduk diem belajar, daripada harus capek-capekan beginian
"
"
Dan cari uang itu gak gampang!
"

dalam PKL ada dua kemungkinan:
1) Cari ilmu sebanyak-banyaknya
2) Cari Uang sebanyak-banyaknya.
kalo gue dulu sih mending cari ilmu sebanyak-banyaknya agar dapat uang.

TIPS!

      yang terpenting dalam PKL bukanlah kamu yang PINTAR ! karena jago MTK,FISIKA,IPA Dll tidak menentukan bisa baik di dunia perindustrian.
       Yang terpenting sebenarnya adalah SIKAP, TANGGUNG JAWAB, DISIPLIN. perlakuan kepada atasan atau kepada sesama pekerja diperusahaan harus sopan dan baik, bekerjalah sesuai tanggung jawab . kamu diberi sebuah tugas selesaikan dengan baik, hargai waktu !
      Banyak konflik persaingan di dunia perindustrian, entah dari temen sendiri yang ingin tampil selalu baik depan mentor atau dari pekerja lain yang selalu menyuruh-nyuruh karena status kita cuma "ANAK PKL".
LIFE IS NEVER FLAT! jalani aja!  mungkin kelihatan berat. tapi sebenarnya asyik, asyik buat kamu yang ngejalaninya dengan ikhlas.
gak perlu caper sama pekerja atau atasan, cukup bekerja baik dan sikap yang baik, udah bisa disenengin sama pekerja perusahan aja udah cukup buat nilai kamu tinggi !! wohooo!!

utamakan mencari ilmu dibanding mencari perhatian, YANG PENTIG SIKAP BAIK DAN SOPAN! CUKUP!  masalah gaji itu pasti, tapi kayaknya lebih tepat dibilang uang saku bukan gaji :p . (kalau udah dapat uang saku.TRAKTIRAN itu pasti!!)

Jadilah siswa PKL yang disenangi semua pekerja perusahaan, jangan malu-malu buat berkenalan dan bertanya. justru pekerja perusahaan senang sama anak PKL yang rajin bertanya tentang suatu pekerjaan.
( dan semua yang diatas tidak akan berlaku jika perusahaan punya bapak lo! )

selamat menikmati masa-masa PKL, masa-masa dimana kita ngecengin yang lebih tua. baik itu tante-tante atau oom-oom :p

yang dewasa lebih bertanggung jawab bro, ayo jadi brondoong !!

11 Cibiran

PKL, "L" nya itu industri?
bukannya lapangan ya hahaha

untung gue SMA, jadi nggak ikut2 an PKL :p

Balas

muehehhe ralat bro :p

Balas

sayang gue udah kuliah, ya wes gue terapin pas KKN aja ntar haha :D

Balas

elu masih untung di gaji, gue gak digaji broh #nangisdipojokan

Balas

hahaha gue sekarang udah dapet 3 bulan nih masih ada 2 bulan lagi berjuang ngelawan kerasnya dan capeknya magang :") kalau gaji disini gak semua digaji sih tergantung perusahaan . ditempatku udah ada oerjanjian bersedia tidak mendapat "uang lelah uang makan uang transport dan sejenisnya" dan kalau udah magang gini pengen balik kesekolah -_-

Balas

Masukan bagus nih, gw lagi jadi mentor buat anak PKL soalnya

Balas

Keren gan artikelnya, ane akan terapin buat pkl januari nanti !!!

Balas

Wah, thx atas sharing tips n triknya..

Saat ini gue lagi mencari-cari Tempat Magang Di Jogja dan blog lo ini cukup memberi motivasi buat gue untuk tetep semangat..

hahaha... thx again

Balas

enak juga SMK bisa belajar tenang dunia kerja

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!