MARI PUNYA BLOG, MARI BERTEMAN!

Temen gue semasa SMP kemarin tiba-tiba ngechat, yang isinya " . " doang dan gue membalas dengan " , " kemudian temen gue ini nanya masih inget dia apa nggak?, Apa kesibukan gue sekarang?, Siapa nama anak gue?, gue cuma mengatakan kalau sekarang gue lagi sibuk "ngeblog" ya seperti nulis postingan, blogwalking dan baca artikel-artikel absurd dari temen-temen blogger yang kampret.

Temen gue cuma membalas dengan " ? " dia ngelanjutin ngechat gue dengan kalimat ... "emang ngeblog itu apa?", chat temen gue nggak cuma gue hapus, bahkan akunnya gue blokir. oke becanda

Mungkin postingan ini juga akan menjawab pertanyaan temen gue.

Di kalangan temen-temen gue, blogger itu sangat tidak familiar. Banyak yang tiap hari berhubungan dengan internet tapi nggak tau apa itu blog. Oke mungkin awalnya gue juga begitu, boro-boro tau tentang blog bahkan main twitter aja gue nggak bisa.

Gue membaca catatan harian kakak kelas gue dulu, bukan membaca di buku melainkan internet. Waw menarik sekali, kisah perjalanannya ke bali dengan modal nekat dan seadanya sangat menarik untuk dibaca dan itu keren! gue belum menemukan itu pada anak yang ada dibatam.

Gue mencari-cari apa catatan harian yang dia gunakan itu, ternyata namanya adalah BLOG. 

Perjalanan gue ngeblog dimulai disini....


Gue memutuskan untuk membuat blog dengan beralamat remajagoblog.blogspot.com. Tampilan seadanya, tulisan yang sangat berantakan, tidak terstruktur. Cerita yang ada didalamnya sama sekali nggak nyambung dan malah menjadi ciri khas gue waktu itu, sekitar tiga bulan gue aktif  mengutak atik blog, rajin ngepost.

Tapi muncul kekurangan ...
Blog gue nggak ada yang baca.

Karena sebelumnya gue udah punya facebook, gue manfaatkan facebook itu secara tidak "kesosialmediaan", gue mempromosikan blog keteman-teman gue melalui chat, isi chat gue ketemen-temen difacebook cuma promosi blog doang.

"mampir ke blog aku ya ......"

Awalnya gue dapat kesan tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan.
"Apa'an tuh?" 
"emang harus aku buka ea?" 
"Ciee.. promosi teruss!!"
"ahelah, KEBELET NARSIS lo"
"...." dan lain sebagainya.

Tapi gue tetap menulis berbagai cerita-cerita yang sama sekali nggak dilakukan teman-teman disekeliling gue, makin lama gue semakin menjadi orang aneh. Gue nggak pernah nyerah nulis, dan promosi, nulis dan promosi, sampai temen gue bosan sendiri. Mungkin sebagian dari mereka dulu udah ngeblock gue dari pertemanan facebook. Akhirnya gue menghapus akun blog tersebut. 

Ternyata setelah beberapa lama blog gue dihapus ada temen gue yang nanyain dimana keberadaan diary digital gue itu sekarang, gue bilang udah dihapus. 
sama seperti hubungan, saat ada yang bisa menghibur diri kita, malah seringkali diabaikan tapi ketika dia udah pergi dan menghilang malah dicari-cari.
Gue pun membuat kembali blog baru untuk mengisi kekosongan gue dengan nama baru terusan dari akun sosial media yang lain semutboy. Dan ternyata usaha dan perjuangan gue buat terus belajar dari kritik, usaha mencari-cari cara digoogle akhirnya bisa sampai sekarang ini. 


sederhana, tapi penuh makna

Berawal dari nggak ada yang baca, eh sekarang ada yang baca. kayak kamu :)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------

Cerita diatas cuma motivasi doang, kita belum masuk ke inti dari postingan ini hehehe

Apa itu blog?
      Blog merupakan singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. -  wikipedia
Nah, media blog itu ada banyak kok sekarang. 
Salah satu contohnya blogger.com . Pada dasarnya ngeblog itu menambah wawasan dan pengetahuan terutama dalam bidang teknologi yang rasanya sangat berkembang pesat saat ini.

Mungkin kamu :

pertama

Suka corat-coret atau membuat artwork dibuku tulis biasanya anak-anak sekolah hobi banget corat-coret di belakang buku. Daripada nggak jelas gitu, mungkin kamu bisa bikin sebuah blog buat mempromosikan hasil karya kamu, dan diliatin orang seluruh dunia ya barangkali ada perusahan seni yang mau ngajak kamu join  karena bakat kamu itu. 

Contohnya nih blog : xinnosuke , chameleonboys, yulianzone dll mereka dikenal sebagai blogger dengan karya desain yang keren-keren hehehe.

kedua

Suka nulis diary, atau cerita-cerita pengalaman pribadi kamu dan suka nulis puisi daripada karya sastra kamu cuma sebatas dibuku doang kenapa nggak dibagikan saja lewat blog, seenggaknya kamu bisa tau komentar orang-orang terhadap karya kamu dan jika mungkin tulisan yang kamu gunakan kurang tepat bisa dibenerin sama temen-temen yang lain, secara nggak langsung kamu belajar menulis dari mereka.

Contohnya, banyak banget : kevinanggara yang nulis cerita absurdnya eh malah ditawarin salah satu penerbit buat bikin buku, banyak yang lain bakal kamu temukan kalau udah ngeblog! mungkin salah satunya kamu.

ketiga

Suka bikin keterampilan apa gitu dari bahan-bahan seadanya dan jadi hal yang luar biasa, hobi-hobi dan bakat terpendam itu jangan disimpan doang, sayang banget. Suka nyanyi dan punya suara bagus share di blog juga nggak apa-apa kok.

Kenapa harus blog?

Mungkin kamu berpikir :

- saya suka nulis, ngapain punya blog! nulis di facebook, twitter juga bisa kok.
- saya hobi nyanyi, ngapain punya blog! upload di youtube dan soundcloud juga bisa kok.
- saya suka gambar, ngapain punya blog! upload di deviant art juga bisa kok.

hehehe, yah pernyataan itu benar. Tapi, apa kamu terus-terusan cuma sekedar upload gambar doang, apa cuma sekedar upload tulisan doang, sewaktu-waktu kamu pasti akan ngepost tentang karya kamu dan ditambah dengan tulisan-tulisan sebagai penjelasnya. Untuk itu kenapa harus melalui blog! dengan blog kamu bebas ngapain aja, ngedit blog kamu sendiri, mengisi blog dengan apa aja yang kamu mau. mungkin media lain cuma terfokus pada satu jenis saja namun blog bisa semuanya :)

Blog itu free! kamu nggak dipungut biaya apa-apa selain bisa koneksi internet. Tapi rasanya biaya untuk koneksi internet sekarang udah murah banget, bahkan banyak kok penyedia layanan internet gratis jadi nggak ada alasan deh buat nggak bisa ngeblog.

"Tapi aku nggak tau caranya bikin blog rian ganteng?"

 gantengnya biasa aja keles.

Kamu tau google nggak? ituloh tempat nyari segala macam info dan sebagai tempat untuk menjawab pertanyaan. Dengan google kamu bisa tau cara membuat blog kok. Kesempatan buat kamu punya blog terbuka lebar dan nggak pernah dibatasi. hehhee

"Aku mau bikin blog nih, tapi bingung mau isi dengan apa?"

Oke, mungkin kamu bisa memahami jenis-jenis blog ini :

  • Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).


  • Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan, dan perbincangan teman.


  • Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.


  • Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.


  • Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).


  • Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.


  • Blog mode: Lebih dikenal dengan "fashion blog". Isinya seputar gaya, perkembangan mode, selera fesyen, liputan pameran mode, dan lain-lain.


  • Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.


  • Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).


  • Blog media: Berfokus pada bahasan berbagai macam informasi


  • Blog agama: Membahas tentang agama


  • Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.


  • Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.


  • Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.


  • Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka


  • Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing


  • Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)


  • Blog virus (virus): Digunakan untuk merusak

Aku hobinya main game bisa ngeblog nggak?

Ngeblog itu nggak pernah ada batasan, mungkin kamu bisa memposting blog tentang tutorial cara bermain PB di warnet tanpa dijemput mama atau 5 langkah yang wajib dilakukan saat by one sniper.

Lah kalo gue hobinya malah adzan?

Kalo gitu sama dong ! yok feat bareng gue ! lo biasanya adzan shubuh atau isya?

-- 

Sekarang udah ada inspirasi buat bikin blog gimana? atau 
masih belum punya niat buat ngeblog? 
mungkin kamu harus tau deh manfaat ngeblog itu apa :

  • Kamu bisa mendapatkan uang dengan blog, contohnya dari iklan-iklan gitu.
  • Kamu bisa melatih kemampuan kamu dalam hal apa saja, baik itu menulis, membuat desain atau lainnya. Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan.
  • Dan yang penting kamu bisa punya banyak teman !!! menjalin silaturahmi dengan sesama blogger lain yang awalnya kenalan melalui kolom komentar eh tau-tau malah jadian. bisa juga kok ! jomblo ayo ngeblog!

Banyak banget manfaat lain yang bisa kamu dapatkan, mau tau? ngeblog yuk :) . 
Maaf kalau sejauh ini tulisan gue ternyata banyak sok taunya. Gue ngeblog masih baru kok dari nov 2012 - sekarang.
Blogger beda sama anak band, atau anak bboy, bahkan anak skate yang dikehidupan nyatanya di elu-elukan para gadis karena kerennya mereka dalam bermusik, kerennya mereka memainkan papan skate atau ngedance. 

Beda sama blogger yang cuma menuangkan pikirannya melalui tulisan atau hal-hal absurd. Paling enggak, anak bboy kalau diluar diomongin "eh, liat tuh ! itu yang kemarin ngedance kan, kereen yaa?" kalau blogger "liat tuh! itu ownernya semutboy! ternyata mukanya nggak sebagus blognya" mpret!

Tips ngeblog :

sebelumnya kamu harus nentuin personal branding kamu, mungkin bisa baca ini : http://www.semutboy.com/2013/12/pentingnya-personal-branding-untuk.html

Pada awal-awal ngeblog nanti memang sulit, kita belum tau bagaimana caranya posting, membuat readmore, mengedit menu bar, menambah widget dan lain sebagainya. 

Jangan khawatir, solusinya adalah : cari tutorial yang berserakan di internet :) , kalau udah buntu dan gak tau caranya, kamu bisa join ke forum-forum blogger dan tanya. 

tapi ingat "Usahakan untuk mencari terlebih dahulu, kalau udah buntu baru tanya sama yang tahu" kalau males nyari di google kirim email ke gue aja : imelsemut@gmail.com atau mention @semutboy. Nggak semua gue tau, kalau masih bisa gue ngerti pasti gue bantu kok.

Kemudian tiba masanya, udah punya blog, udah sering posting tapi nggak ada yang komentar, dan itu nyesek banget! tenang, gue sendiri mengalami hal yang sama sebelumnya. Hari-hari blog gue sepi, hampa, penuh penyesalan, kosong mlompong, ironis memang. Tapi gue nemuin solusinya dengan masuk ke komunitas blogger, dan menemukan banyak sekali blogger-blogger dengan karakter mereka masing-masing dan itu sangat mengagumkan. Masa-masa seperti ini emang sangat sulit.

Tahap berikutnya, kamu akan punya teman blogger yang ada memberikan komentar pada postingan kamu disitu akan muncul motivasi terbesar buat ngeblog dan semangat nulis postingan! 

Setelah beberapa lama, sikap sombong mulai tumbuh (mungkin nggak semua blogger) karena udah punya teman yang selalu komentar disetiap postingan malah jadi jarang buat mengunjungi balik. Tahap ini harus dicegah agar tidak jadi blogger angkuh yang mau dikunjungi tapi nggak mau mengunjungi. 

Makin lama, mulai bosan sama blogger yang kayak gitu-gitu aja atau karena sibuk sama kehidupan nyata hingga blog terlantar, inilah tahap yang banyak mengubur penulis-penulis berbakat. Ngeblog itu nggak ngebosenin! kalau kamu kreatif dan selalu mencari hal-hal baru. 

Gue saat mengalami tahap yang dirasa bahwa blog bikin bosen, disini gue mulai ingin mengupgrade status blogger gue jadi blogger super sejati dengan mengganti domain dari semutboy.blogspot.com menjadi semutboy.com, manfaatnya gue jadi tambah semangat buat ngeblog, seakan terlahir kembali gitu... #eaaaak.

Namun banyak blogger yang udah berhenti di tahap saat ada kesulitan atau ngerasa kalah bersaing. Ngeblog itu bukan persaingan, tapi media  untuk mengungkapkan perasaan dan berbagi informasi. Namun kalau ada yang terkenal karena ngeblog itu adalah bonus dari hasil karya nya. 

Pesan-pesan dari Om semut :


  • Ingat lah wahai temanku, ngeblog itu bukan hanya sekedar postingan, banyak makna dan pelajaran yang bisa didapatkan...percayalah. 
  • Dan satu hal jadilah blogger yang konsisten. Temen gue irfan alharits juga pernah bilang "Penting nggak penting, yang penting POSTING"
  • Biar jelek desain dan tulisannya yang penting asli bikinnya :) jangan pernah copast atau mengambil hak karya orang lain tanpa mencantumkan sumber dari pemiliknya. 
  • Jangan pernah sulit untuk berbagi sesama blogger, jaga keharmonisan dan silaturahmi.
          apalah arti desain blog bagus, tulisan menarik tanpa ada  pengunjung :) 
  • Ngeblog seperti halnya berjalan. Awalnya nggak bisa tapi lama-kelamaan terbiasa, kita bisa berjalan dari mulai merayap, merangkak, berdiri, melangkah, berjalan bahkan sampai berlari sambil lompat-lompat, kayang, salto masuk jurang.

"aku udah punya blog tapi masih jelek, bingung mau diapain lagi?"

next time, gue bakal membahas "RAHASIA TAMPILAN BLOG" tapi sebelum itu kamu harus punya blog dulu dong. Gue tunggu link blog lo di tab mensyen gue yaaak !! 

Buat tambahan kalau ingin sedikit belajar prinsip dasar mungkin nggak terlalu detail dan banyak kekurangan tapi semoga bisa membantu : Disini , terus discrollin aja ya :)

referensi :


44 Cibiran

waw tulisannya super banget (super panjang juga) weheheh..
yap semangat nge blog bang! buat gue juga blog udah kayak sahabat sama pacar yang kudu diupdate tiap hari, bikin nyandu! XD

Balas

Lo ganti template ya sob? keren nih... ;D

Balas

Lengkap banget yan! Suka banget sama tulisan ini. Blog itu PACAR gue... IYA! PACAR GUE!! *Ucap seorang jomblo yang sampai saat ini belum mendapatkan gebetan sekalipun*

Balas

Pake top domain emang jadi makin semangat ngeblognya.

Balas

another penyemangat dari luar adalah waktu temen bilang: kok blog kamu belum ada tulisan baru?. padahal sebelum2nya kaya ngga pernah peduli sama keberadaan blog kita.

Balas

wooww makin semangat aja saya ngeblog setelah saya baca tulisan ini.. :D
saya sempet malah di omongin, "ngapain sih ngeblog, kayak ngga ada kerjaan lain aja.." hmmm.. sakiitr banget, tapi saya tetep semangat buat nge blog!

Balas

Tiba-tiba jadi motivator buat ngeblog ya? Haha but nice post! ;)

Balas

berat hahhaha... aduh disebut blog gue diantara blog blog sangar :')

dulu gue ngeblog karena ngeliat temen cerita dan ceritanya bikin mata gue seger.. dulu gue ngeblog lebih ke songong, info, sok motivator hahaha.. dari situ gue nggak sadar ngeblog macem-macem.. mulai dari travelling dan gambar. dari situ juga gue dapet temen sekaligus bonus duit xD

udahlah panjang... nice bro.. gue share nih..

Balas

Yan, apa maksud dengan kata ini? "jomblo ayo ngeblog!" -__- kampret lu.
Eh tapi keren postingan nya. Nih buat lo (.)(.) kurang gede? nih ( . )( . ) hehe

Balas

dulu itu, pas gue pertama liat-liat blog ini. gue jadi semangat ngeblog. beneran nih gak bohong
sampe sekarang gue juga masih nyempetin baca-baca di blog lo ini mut

Balas

Perjalanan gue ngeblog dimulai disini....
asik banget itu bahasanya :7

Fix gue jatuh cinta lagi sama tulisanmu wakakaka

Bisa banget nih nyusun kata-katanya, setelah tulisan personal branding tulisan ini ga kalah gerget

sebetulnya tulisan ini sejenis motivasi juga ya? soalnya emang bisa bikin semangat mebara lagi, dari awal blog lu yang sering di kata-katain sampe di cari cariin, sampe sekarang banyak banget visitornya

Makasih artikelnya!

Balas

kupas tuntas tentang nih bro..
kunjungan perdana nih :))

Balas

Hhahaha, yoi semangART ngeblog. lo juga yaa ! jangan dijadiin pacar gue pernah eh malah mau diputusin pacar beneran dikira selingkuh sama blog :p

Balas

hehehe iya sob, udah lumayan lama sih :D

Balas

inget bro : Blog jangan dijadiin pacar, soalnya gue pernah eh malah mau diputusin pacar beneran dikira selingkuh sama blog muahahha

Balas

Hahaha iya bener banget mbak :D itulah support terbesar

Balas

hahaha senang bisa jadi inspirasi dan motivasi buat oranglain :D, hehehe intinya semangART !!

Balas

iya nih makin kesini blog gue malah jadi sok bijak dan sok jadi motivator -__-" tapi gue tetep sayang pacar gue kok. huahahahha

Balas

hahaha gambar lo emang keren bay ..

hehehe soalnya yang panjang itu enak bay, nusuknya dalem =)) . makasih bay udah mau ngeshare. hehehe

Balas

wkwkwkwk itu sengaja ditujukan buat lo ki ! ngomong-ngomong emot yg lo kasih =P~

Balas

Waduuh sumpah gue jadi ge-er nih bro, makasih bangeet yaa gue seneng bisa jadi inspirasi dan motivasi buat orang lain. hehehe

Balas

kupas tuntas wkwkwk, makasih udah ngunjungin blog gue hehehe

Balas

hahaha makasih beraat sob!! jangan sama tulisannya sama orangnya dong ! hehehe seneng bisa membantu temen-temen :D

Balas

Perasaan gue udah komen, kok ngga ada yak. Huehehe.
Yang sekarang mulai berkurang adalah, tingkat kerusuhan orang-orang di kolom komen. Gue lihat blog jadul, mereka ngobrol-ngobrol sambil ngerusuh di tempat komen. Makanya gue ngerusuh di sini. HUahahahaha. *ketawa jahat*

Balas

((Misteri hilangnya komen adi)) , wkwkwk dan gue kangen akan kerusuhan dikolom komentar itu, naluri anak STM gue mulai bangkit bung ! \m/

Balas

Dan gue ngga bisa reply komen lu, jadi gue bikin baru. Hahaha. Dulu pas elu stm pake topi di naik-naikin ke atas biar rambutnya keliatan ngga, broh? :p

Balas

ini nih bante nih bikin tulisnanya panjang banget, rinci lagi.

emang blog gak setenar FB twitter dam social media lainnya. Blog masih terasa asing bagi sebagian orang.

banyak banget juga ternyata jenis-jenis blog, tinggal pilih aja sesuai passion biar gak blognya gak cuma bulanan umurnya.

Salam kenal, bro. baru pertama mampir ke sini. tulisnanya keren, jaid minder sendiri. Sekalian izin follow blognya :)

Balas

Postingannya cocok banget nih, buat yang mau ngasih virus racun buat ngemotivasi untuk nge-Blog ke temen - temennya. :)

Saling Follow kita sob!

Balas

nge-reply nya dikomentar lo juga di, ntar komen lo dibawah komentar gue sebelumnya. wuahahhaa iya pasti dinaikin topinya, biar kek anak-anak keling mie insaid gitu

Balas

hahaha yang panjang itu enak bro, masuknya dalem :p.

hahha salam kenal juga bro admin blogger energy :D muehehe

Balas

hehhehe yoi sob. oke saling follow nih :D

Balas

salam kenal dari pojok jambi sarolangun

Balas

Njir, apa pula keling mie insaid. Hahaha. Sekarang jadi jelek ya band itu?

Balas

Suka nge-blog karena blog itu lengkap. YouTube, Soundcloud, Twitter, FB, semuanya bisa masuk. Tapi nggak sebaliknya hahaha.

Balas

salam bro! :D salam dari batam :-bd

Balas

kalau gue suka ngeblog karena, gue paling males buat nulis sama ngebaca dan itu yang bikin gue ketantang buat ngeblog :D

Balas

Kalo gua suka ngeblog karena gaada cewek yang bisa gua sukain

Balas

Wah tulisannya... :-bd ,,
sebenarnya Gw udah tulis komentar panjang di bawah ini .
:-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B
:-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B :-B ..
Tapi mengingat curhatan gue yg pastinya gk berguna akhirnya gw undur diri dan mnghapus balik tulisan semua.. [-(
GW cuman salut ama semangat Juragan Semut..
Membaca tulisan si Agan semut mengingatkan kembali akan blog gw yang udah terlantar sekian Abad.. X_X

Balas

bang, kunjungi blog gue pliss.
tmuhammadapriyal.blogspot.com
tinggalin komentar ya, gak ada yang ngomentarin soalnya -_-

Balas

gue ngeblog ya karena pengen ngeblog. Itu aja sih :D

Balas

Nyusul semut pake domain berbayar ah.... hehehe...

Balas

good job, bro! happy blogging :)

Balas

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!