MENGHARGAI KREATIVITAS ORANG LAIN


Disini saya ingin menceritakan segala keluh kesah yang sudah lama ingin saya utarakan, tapi baru bisa saya barat dayakan sekarang. Hal yang saya senangi waktu kecil adalah mencari tahu hal-hal baru, berani mengambil resiko hanya sekedar untuk tau apa dampaknya.

Begitu juga dengan anak kecil pada umunya.

Kebiasaan semasa kecil itu membuat saya menjadi seperti sekarang, orang yang melakukan sesuatu tanpa pikir-pikir, orang yang melakukan sesuatu tanpa mengkhawatirkan dampak.

Ternyata dengan hal itu saya bisa melatih kreativitas saya sendiri, berkarya tanpa batas, membuat sesuatu seenaknya, saya menjadi bebas dengan penciptaan karya. Saya melakukan segala sesuatu yang saya inginkan, saya membuat sesuatu yang sudah saya bayangkan sebelumnya.

Saat senang menulis, saya membuat kata-kata.
Saat senang bervisualisasi, saya membuat gambar-gambar karya.
Saat senang dengan anak kecil, saya membuat anak.

Sampai disini, tulisan ini malah terbaca seperti puisi.

Banyak definisi tentang kreativitas yang saya ambil dari buku @maswaditya "Sila ke-enam KREATIF sampai mati" :

Kreatif itu spesies langka
Kreatif itu membalikkan cara pandang
Kreatif itu penggebrak perubahan! 
Kreatif itu hak semua insan.
Kreatif itu bisa dilatih.
Kreatif itu adalah sesuatu yang baru.
@idesainesia

Ya dari sebagian definisi mengenai kreatif itu saya simpulkan bahwa, orang-orang kreatif selalu berusaha paling keras dan berkorban paling besar untuk membuat sesuatu yang aneh dan menjadi beda dari yang lain. 

Saya sendiri selalu melatih kreativitas itu hingga sekarang, saya kadang merasa minder sama karya orang-orang yang sangat luar biasa. Orang-orang kreatif itu melakukan hal yang bisa saya lakukan tapi tidak pernah terfikirkan oleh saya.

Saya banyak ide-ide gila! tapi rasa malas saya untuk merealisasikannya jauh lebih banyak! menjadi seorang kreatif bagi saya hanya butuh dilatih untuk berfikir diluar dugaan orang lain, melakukan sesuatu yang belum pernah terfikirkan orang lain.

Biasanya dengan begitu saya sering disambar oleh ide-ide keren dengan sendirinya! tinggal saya kembangkan lagi. 

--

Cukup sampai disini pengantar mengenai kreativitas, selanjutnya saya membahas dengan jauh lebih dalam tentang sebuah fakta. Asik dan sok keren sekali bahasa yang saya gunakan. Saya belum pernah bercerita/menulis postingan dengan menggunakan bahasa seperti ini. 

Tapi, cukup menantang dan jadi mudah dipahami semua kalangan. enjoy ya!

--


2010, Adalah awal saya masuk kedunia sosial media yang bernama facebook. Saya diperkenalkan oleh gadis kota yang kebetulan saya taksir. Saya tidak akan menceritakan tentang gadis ini, karena sakitnya tuh disini *nunjuk lutut* (Kebetulan lutut saya sekarang lagi kram, efek nyabun berlebihan).

Masuknya saya didunia facebook ternyata disambut baik oleh kreativitas, segala ide-ide saya tertuang dengan mudah, segala kreativitas saya benar-benar tertantang.




Melalui tulisan ini saya mengajak anda untuk berfikir out the box, menjadi orang yang penuh kreativitas. 

Beberapa saat setelah saya mempunyai akun facebook saya beralih ke sosial media lain bernama twitter, semakin lama kreativitas saya makin jauh berkembang, dari mulai membuat kata-kata baru melalui tweet-tweet nyeleneh sampai ke gambar-gambar yang saya sisipkan kata-kata romantis.

alhasil lahirlah...

Gambar itu saya publish 11 oktober 2013, beberapa bulan kemudian saya tidak menyangka ternyata gambar itu tersebar dibeberapa sosial media lain, sampai akhirnya digunakan salah satu teman di kontak BBM saya sebagai Display Picture nya. 

Ada yang aneh dengan gambar itu, ternyata watermark saya telah hilang, gambar tersebut di crop. Sumber asal gambar yang saya sisipkan kata-kata itu hilang. Saya tidak tahu siapa tangan jahil yang melakukan ini.


--




Atas dasar penasaran, saya mencoba mengetik kata yang ada pada gambar itu di twitter, dan ternyataa....

yaph! kata-kata itu sudah banyak menjadi tweet-tweet akun lain.


Saya senang hasil pemikiran saya bisa disukain banyak orang, dilain sisi saya sedih karena hasil pemikiran saya tidak dihargai dengan layak.


CUKUP! saya melupakan hal ini. Takut kreativitas saya jadi tidak berkembang. Atas kegelisahan saya itu, semakin lama saya mulai bangkit dan percaya diri untuk mengupload karya-karya yang lain. Berawal dari salah satu fanspage lucu-lucuan bernama Meme Comic Indonesia.

Saya tidak pernah bisa diam untuk berkarya, saya sudah berjanji kalau segala sesuatu yang saya pikirkan harus segera diwujudkan. Bukan hanya sekedar arsip yang tersimpan diotak saya.

Saya membuat sebuah karya diwaktu senggang liburan kemarin, dan menguploadnya di fanspage Meme Comic Indonesia dan alhamdulillah ternyata karya saya diupload oleh fanspage tersebut.



Setelah tersebarnya gambar itu, saya dibanjiri permintaan pertemanan. Ada yang memberikan komentar positif ada juga yang memberikan komentar negatif.

Nama semutboy yang saya gunakan sebagai branding jadi lebih banyak yang tahu. Tidak cukup dengan itu, tahun 2014 baru-baru ini saya mencoba membuat lagi.

Saya selalu membuat sesuatu sesuai dengan trend atau hal yang sedang populer dibicarakan. Saat masih gempar-gemparnya penutupan gang dolly yang dilakukan walikota surabaya Bu Risma, sebagian orang heboh dengan kata-kata yang beliau lontarkan.


Sebenarnya ada rasa sedih atas penutupan gang dolly, sekarang saya bingung mencari tempat liburan.

Tiba-tiba ada ide yang menyambar saya, karena kebanyakan masyarakat selalu menghebohkan sesuatu dengan serius, kenapa tidak saya bikin jadi fun. Akhirnya muncullah ide untuk membuat plesetan.


Dan hal yang tidak saya pikirkan terjadi, saya iseng nge-post didinding fanspage Meme Comic Indonesia dan ternyata itu diposting. Dan ternyata saya dibanjiri permintaan pertemanan dan kali ini oleh para kumpulan cewek secara bersamaan. 

Awalnya saya takut untuk posting gambar itu, takut kalau foto saya disitu malah dikira afgan. 

Keisengan saya malah datang lagi buat mencari kata-kata itu di twitter, yaph! dugaan saya benar. Sudah banyak menjadi tweet orang-orang, yang lebih kesal adalah nama saya disitu diganti dengan nama dia sendiri. Duh! sakitnya tuh disini! *nunjuk bibir* *kebetulan ada bekas gigitan, biasalah habis malam minggu*

--

Mungkin beberapa orang tidak tau fungsi :
1) Retweet di Twitter.
2) Share di Facebook.

Saya ingin mengajak anda menjadi kreatif, setelah anda berhasil menciptakan sesuatu, setelah anda berhasil membuat dobrakan baru dan kemudian hasil pemikiran anda malah diambil orang lain demi kepentingan pribadi mungkin anda bisa merasakannya.

dan akhirnya akan tahu.. Bagaimana cara menghargai kreativitas orang lain :)

Anda akan jauh lebih tahu tentang cara menghargai bila anda juga bagian dari orang itu.
Mungkin dengan hampir selesainya tulisan ini, saya mengucapkan terima kasih kepada kamu-kamu yang turut ikut meramaikan karya saya dan menghargai dengan cara yang benar. yeay! 

Dulunya saya hanya sebagi tukang copy paste, sang plagiat, dan peniru karya orang lain. Sampai akhirnya saya tersadarkan bahwa sebuah karya itu dibuat dengan proses yang tidak mudah! dan saya mencoba menghargai hasil pemikiran mereka. 

Silahkan dishare tulisan ini jika berguna, dan jangan lupa menggunakan cara yang benar hehehe.





24 Cibiran

Tenang aja mutboy, karya bisa dijiplak, dicuri atau bahkan diedit lagi, tapi otak ngga! yang bisa kita lakuin adalah tetap berkarya, semangat 45 :D

Balas

semangat bro... emang dunia ini kejam huhu

Balas

Kutu! Eh semut! sial juga masuk fanpage Meme juga lu bang!. Menurut gua Kreativitas itu membuat kita jadi bisa buktiin dalam keadaan fisik, dan bukan cuma omongan.

Balas

Creative copyright :D

Balas

Hahaha, karya diculik dan diedit itu biasa.
Buat kita-kita yang pernah berkarya dan tahu sulitnya mengeluarkan hasil karya orisinil, kita hanya bisa terus berkarya. Toh, suatu saat pasti ada titik di mana karya kita dihargai orang. Yang penting berprestasi saja sebanyak-banyaknya. Dan sebaik-baiknya.

Pernah ngerasain sih sebelnya foto capture-an / ambilan sendiri, diedit sama orang buat ditaro di blognya. Sakit tauk. :'( #Tjurhat
Tapi saya mau ambil positifnya aja (cape marah-marah terus, muka udah tua, jangan sampe hati juga cepet tua). Itu artinya karya saya cukup berharga untuk diaku-akui orang atas nama mereka. Ya kan! :))

Balas

bisa dibilang kreatif itu awalnya dari meniru karya orang lain, tapi gak asal niru sepenuhnya juga, harus ada inovasi dari diri sendiri

Balas

Ngeselin banget tuh kalo karyanya di copy! eh, iya Betewe, cara ngelatih kreatifitas itu bagaimana? :)

Balas

Mental kita masih pengin tenar sendiri. Jadi masih susah menghargai orang lain. Padahal sepele. :))

Balas

Kreatifitas memang mahal bro, kalau diklaim atau diplagiatin sama orang lain rasanya nyesek banget.

Balas

kemarin, gambar saya di pake di mataNajwa tanpa restu saya :3
walaupun cuman bebera detik, hahah #rapopo

Balas

Gue akui gue belum cukup kreatif, tapi gue selalu menghargai karya yang orang lain buat. Karena gue berpikir begini: saat gue ngaku2in karya orang lain, ada perasaan ganjil yang menahan kita: gak tau diri.

Balas

Salut sama kakaknya :D

Balas

dulu gue tukang plagiat alias copas artikel org tanpa sumber. Pas gue uda sadar eehh malah tulisan gue yg di copas orang. Memang nyesek rasanya dan itu jadi pelajaran buat gue untuk lebih menghargai karya org lain....

Balas

Sabar, yang penting otak nggak bisa dijiplak.

Balas

Welcome to Indonesia. Masih banyak karya sendiri yang udah dibuat dari diri sendiri tapi lenyap karena tidak diakui. Kadang hasil sendiri malah dibilang copas. (--,)

Balas

sukak banget sama postingan ini sampe udah beberaa kali baca.

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

setuju sama robih, meskipun karya di jiplak yang penting otak ngga dijiplak.. sabar mut, suatu hari karya yang luar biasa dari kamu bakalan lebih di kenal dari ini..

Balas

Dasar bangke! konyol juga ini postingan lo. Btw, kalo karya dijiplak sih menurut gue nggak masalah. Yang jadi masalah kalo dia pake karya diplakan tadi buat keperluan komersil pribadinya. Hehe.

Balas

pendertaan lo gue rasain kok, satu kata deh "sabar mblo" eh kok ada mblonya gitu wkwk.

Balas

bagi saya biarkan saaj mereka menjiplak karya kita asalkan buka kita yang menjiplak karya orang, yang penting terus berlatih, menulis dan mengembangkan segala kreatifitas dalam dunia blogging,

Balas

karyanya bagus lho,, sampe bisa berimaginasi seperti itu..
mengenahi plagiat, saya juga ngerasain hal yang sama, ketika hasil ciptaan sendiri diatas namakan orang lain. Rasanya pasti gak rela, apalagi kalau hasilnya dikerjakan berbulan-bulan. Tapi, diambil hikmahnya.

Balas

sebenarnya, ada kata-kata yang mengatakan "Good Artist Borrow, Great Artist Steal", jadi kalo kita pengen seperti orang yang karyanya bagus, cukup mencuri cara berpikirnya saja, terus yang lain ya kita bikin sendiri lah, masak gitu aja njiplak..... Wujudkan generasi Indonesia yang cerdas, kreatif, dan inovatif..Salam Blogger!

Balas

mantab mas tutorialnya

mampir ke olshop herbal saya ya mas :

http://kedaiherbalnatursyifa.blogspot.com/

Balas

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!