Blog ini sudah kembali

blog ini sudah kembali dari tidur panjangnya! kemana aja selama ini? apa bener kalau orang-orang bilang, blog semutboy ini sudah dianggap tidak berguna? CUKUP! memang sih gue sudah lama nggak menjamah blog ini, kasian blog ini, batin lahiriahnya tidak terpenuhi dari sang pemilik, yaitu oleh gue sendiri.

gue jadi bingung mau mulai bercerita dari mana.

Jadi selama ini gue terlalu disibukkan sama hal-hal berbau sekolah dan menyibukkan diri sendiri, itu penyebab biasa yang dialami pelajar diluar sana, berhubung udah kelas tiga, gue harus mempersiapkan diri dengan matang untuk menghadapi ujian demi ujian.

tiap malem tepat jam 20:00 gue les, pulang jam 23:00 karena jarak tempat lesnya jauh, gue kecapekan dan kalo ada tugas gue begadang sampai larut malam ngabarin pacar udah jarang, dan blog ini terabaikan begitu saja, kalau blog ini bisa mengutuk, udah lama gue jadi batu.

gue emang blogger kundang!

ada cerita absurd saat gue les waktu itu, biasanya les matematika sama guru cowok tapi entah kenapa malah diganti sama guru cewek yang katanya berumur 23 tahun tapi gue ragu, kelihatan masih sebaya gue, dia lulusan UM (Universitas Malaya) Kuala Lumpur jurusan Multimedia. 

ya, jurusan yang gue idam-idamkan.

sedikit cerita tentang dia, dia dulu guru ditempat les ini tapi karena berbagai kesibukan dia berhenti dan sampai akhirnya sekarang kembali lagi karena udah punya banyak waktu luang, selain berprofesi sebagai guru les, kakak guru ini yang belum gue sebutkan namanya, sebut saja bunga. 



oke kakak bunga ini yang ngajarin gue les matematika waktu itu, dia webmaster, dan mengelola 4 website universitas internasional di singapore yang baru membuka 4 cabang di indonesia, jadi keempat website universitas itu dia yang mengelolanya, dahsyat sekali.

cerita absurd berawal saat gue bisik-bisik sama temen sebelah gue 

"Woy, film yang tadi gue copy dari laptop lo sedih ya? kampret gue sampai nangis" bisik gue.
"wuahaha! cemen lo yan!" ejek temen gue!

ternyata si kakak itu penasaran apa yang gue omongin bareng temen gue.

"kamu nangis kenapa?" 

"enggak kak, saya setiap kali nonton film romance sering terharu, apalagi crazy little thing called love, You Are the Apple of My Eye, refrain, from bandung, crows zero, spongebob, doraemon"

semua kelas terdiam.

dan tiba-tiba...

"coba kalian semua liat kuku kalian masing-masing?" perintah kakak webmaster itu.

gue bersama kelima temen gue langsung melihat kuku masing-masing, gue senyum-senyum aja, karena diantara kami berlima cuma kuku gue yang bisa dibilang bersih selalu pendek, sebagai laki-laki yang mempunyai kuku bersih diantara laki-laki lainnya itu merupakan sebuah kehormatan.

"terus kenapa kak?"

"HAHAHAHA, asal kalian tau kalo ada cowok yang ngeliat kukunya seperti ini..."


"Itu tandanya laki-laki macho!"

"tapi kalo ada cowok yang ngeliat kukunya seperti ini..."


"Itu tandanya berjiwa keibuan, sensitif dengan perasaan, dan lekong!"

gue langsung melihat kekiri dan kanan, ternyata semua temen gue melihat kukunya dengan macho dan hanya gue sendiri yang melihat kuku dengan melebarkan tangan. kampret! ini udah reflek! silahkan coba dan tanya temen kamu sendiri! dan buktikan dia lekong atau macho, kalau lekong tolong kirim nomor hapenya sekarang!

dibalik blog yg terlantar ini gue mempunyai banyak kabar baik, tapi sayangnya kabar buruk juga nggak kalah banyak.

kabar baik pertama, alhamdulillah gue bisa ngepost lagi.

kabar baik kedua, alhamdulillah buat ngepost ini nggak ada halangan dan hambatan.

kabar buruknya adalah, hutang gue makin bertambah, bukan hanya hutang uang, gue juga berhutang beberapa janji traktiran dan janji ngebuatin desain. gue sudah semakin kere meski penampilan makin keren. #teteupnarsis

**

ngomongin desain, baru-baru ini gue diutus sekolah buat mengikuti sebuah lomba desain grafis tingkat sekolah se-kota batam yang diadakan oleh politeknik negeri batam, tepatnya 2 minggu yang lalu gue disuruh menghadiri technical meeting buat membahas perlombaan, kapan waktunya, apa yang didesain sampai tata tertib perlombaan.

Intinya kita disuruh untuk membuat sebuah desain kaos yang bertemakan "Future Of Technology" ya teknologi masa depan, dan proses pengerjaannya dikampus, dalam lab komputer dan menggunakan software grafis dan peralatan yang telah dipersiapkan oleh panitia.

yang ada dalam pikiran gue saat disuruh mendesain kaos dengan bertemakan teknologi masa depan adalah "DORAEMON" atau kantong ajaib, tapi mungkin itu akan membuat gue langsung didiskualifikasi, kalah secara tidak hormat jika mendesain kaos bergambar doraemon.



**

Perlombaan dimulai seminggu setelah diadakan technical meeting, dan itu berarti ada sekitar 6 hari buat gue mempersiapkan desain apa yang akan dibuat dan apa  faktor penting yang akan gue sampaikan pada sesi persentasi nanti. Setelah browsing sana-sini mencari informasi dan inspirasi, dari lubang wc sekalipun demi sebuah ide spektakuler yang beda dari yang lain. Tapi kalau ide dari lubang wc sepertinya akan membuat gue lebih dari sekedar didiskualifikasi.

6 hari berlalu...

tepat dihari perlombaan gue udah mempersiapkan semuanya dari mulai bekal makan siang, uang jajan, kain sarung, tenda, peralatan memasak, dan lain sebagainya (ini mau loba desain grafis atau kemping), disana gue bertemu temen-temen yang dulu pernah ikut lomba LKS tingkat kota tahun lalu, termasuk juara 1 yang berhasil ke jakarta dan memupuskan harapan gue buat ngerasain naik pesawat, gue down ngeliat dia karena pasti dia sudah lebih jago daripada saat dia ngalahin gue dulu, dia udah punya banyak pengalaman hebat. Sedangkan gue masih disitu-situ aja yang kerjaannya tiap hari ngerjain desain-desain sederhana dari temen-temen.

Awalnya peraturan dibuat kalau pengerjaan dikerjakan sekitar 2 jam. tapi ditambah menjadi 3 jam, ditambah sih nggak masalah jangan dikurangin, mungkin buat ngedipin mata dan bernafas aja gue bakalan jarang demi menghemat waktu.

**

sebelum masuk ruangan gue nelpon orang tua dikampung untuk minta restu dan do'a agar proses perlombaan gue lancar, seperti biasa karena gue terlalu sensitif sama perasaan, minta restu aja gue sempet mau nangis untungnya gue cepat-cepat matiin telpon.

Saat masuk ke dalam ruang lomba, gue langsung memilih nomor 4 karena gue pikir nomor 4 itu keren. Tapi malah disuruh untuk berganti tempat menjadi nomor 3 sesuai nomor pendaftaran, dan sepertinya nomor 3 nggak kalah keren dari nomor 4.

oh iya, peserta yang mengikuti lomba ini ada 7 orang, tapi 1 peserta menyatakan tidak hadir karena ada sesuatu dan lain hal, jadi peserta ada 6 orang termasuk gue yang ganteng ini. Waktu gue mau bersiap-siap duduk, untuk memulai lomba dan ngedesain, hal BURUK terjadi, jari kaki gue ketimpa kursi yang gue duduk sendiri, dan dalam sekejap mengeluarkan darah ketika gue teliti tenyata kuku jari kaki gue lepas setengah, sisa setengah pengen gue cabut tapi perih.

muka gue campur aduk antara kayak nahan boker atau nahan kentut.



selama 2 jam ngedesain dalam keperihan, gue gak berani ngomong kepanitia karena bakalan menghabiskan banyak waktu gue buat desain ini, jadi gue coba buat nahan sambil ngedesain kaos itu, udah hampir setengah perjalanan saat gue lihat kolong meja tempat kaki gue yang lagi menderita. astagfirullah! darah gue berceceran, untungnya karena dilindungi kabel dan kursi darahnya jadi nggak terlalu kelihatan. Sekilas tetesan darah gue seperti darah haid.

PENAMPAKAN DARAH HOROR DARI KUKU KAKI GUE YANG HAMPIR COPOT

Gambar itu diambil temen gue yang sempet gue kasih tau waktu dia lagi ngeliatin gue persensasi, INI JANGAN DITIRU DIRUMAH, DISEKOLAH, ATAU DIMANAPUN, HANYA UNTUK ORANG TERLATIH DAN PROFESIONAL.

akhirnya 2 jam selesai diberi waktu istirahat satu jam dan setelah itu kembali lagi untuk menyelesaikan 1 jam waktu yang tersisa jadi totalnya 3 jam. Latihan gue nggak sia-sia, ternyata sebelum 2 jam gue udah siap tapi bagaimanapun juga gue harus tetep melaksanakan tugas selama 3 jam, jadi desainer juga harus profesional.

gue pernah membaca pepatah yang mengatakan :

"Mendesain-desain dahulu, bersenang-senang kemudian"

Itu yang gue ikuti selama lomba tersebut, gue mendesain-mendesain dan mendesain demi senang-senang wkwkwk, tapi sampai sekarang gue bukannya banyak senang tapi banyak hutang.

Dan hasil 3 jam menghadap layar monitor yang lebih membuat mata gue makin bengkak kayak ditonjok lorenzo.

eh lorenzo kan pembalap, bukan petinju. #abaikan

akhirnya gue menyelesaikan mahakarya yang gue namakan "Suling-Suling Bambu"...

Bukan maksud gue , CYBORG ORGAN :


* FILOSOFI NYA SEPERTI INI :

Pertama
gue mau sebuah desain yang berbeda dari fikiran orang-orang tentang teknologi masa depan, biasanya orang-orang hanya terfokus pada sebuah alat yang menjadi objek teknologi masa depan. Jadi desain gue nggak lagi terfokus pada alat bahkan teknologi masa depan itu adalah MANUSIA ITU SENDIRI YANG MENJADI TEKNOLOGI. keren kan. udah iyain aja biar cepet.

Kedua
Gue nggak menggunakan gradasi atau warna dari gelap ke terang. kenapa? agar mudah untuk direalisasikan dalam bentuk media cetak apa saja, baik itu manual, digital atau yang lagi ngetrend sekarang ini sablon dengan DTG. ciee anak sablon.

Ketiga
Konsep desain gue nggak hanya sebagai desain doang tapi bagaimana kemungkinan desain ini bisa dibuat dalam bentuk nyata-nya.

Keempat
Secara Keseluruhan desain gue nggak cuma dari sudut pandang seorang graphic desainer yang selalu membuat gambar-gambar luar biasa tapi juga gue membuat desain dari sudut pandang masyarakat, bagaimana masyarakat bisa senang dengan karya kita dan enak ngeliat apa yang udah kita buat. karena apa? seorang graphic desainer juga bagian dari masyarakat.

itulah jawaban kenapa gue membuat desain simpel dengan bagian belakang polos, remaja atau bahkan masyarakat lebih senang dengan sebuah pakaian simpel tidak banyak pernak-pernik atau desain yang terlalu dilebih-lebihkan, bagi seorang desainer lain oke itu bagus dan keren, tapi orang awam melihatnya nggak seperti itu.

Kelima
Kelebihan lain dari karya gue ini, terdapat kata HMTI - FAIR , yang merupakan nama organisasi sekaligus yang mengadakan lomba tersebut dan lagi mock up atau template kaos yang gue buat kelihatan 3D dengan adanya shadow-shadow, dan label merah dibagian dalam baju dan depan bawah, biar lebih kelihatan real.

Keenam
Terakhir, kenapasih yan gak gambar robot aja? kan keren teknologi masa depan? gue nggak memilih robot karena bagi gue robot itu nggak lagi teknologi masa depan, sekarang aja rasanya udah ada robot yang bahkan hampir seperti manusia.

hehehe....

tapi hal absurd datang ketika juri yang juga kebetulan merupakan dosen, nanya ke gue:
kenapa kamu memilih paru-paru? kenapa nggak jantung, usus, lambung?"

gue terdiam tanpa kata, mungkin ini yang dibilang diam seribu bahasa.
dalam hati gue berkata : untung dia bilang jantung, usus dan lambung ngga kuku kaki, bisa-bisa ketahuan.

dengan tenang gue menjawab asal "karena jantung bisa diganti dengan sebuah IC atau CHIP yang saya sisipkan dibagian belakang pak, dan saya rasa paru-paru itu keren!"

suasana tiba-tiba hening

**

Tapi ternyata karya dari peserta lain juga nggak kalah menakjubkan, ada yang buat sebuah helm dengan GPS, ada yang membuat hologram, membuat JET, dll.

perlombaan ini nggak cuma desain grafis doang, diruang lain ada temen-temen gue yang berjuang dengan bidangnya masing-masing, ada Cerdas Cermat, Software Application, ada Web desain, Ada PES, Ada counter Strike cool!!!! gue berharap menang dan tidak boleh kalah sama orang-orang itu.

setelah selesai persentasi ternyata pengumuman ditunda besoknya tepat hari minggu, jam 4 sore. Yang udah pasti menang temen sekelas gue dibidang cerdas cermat dengan juara 1, otak temen gue itu memang "future of technology" bayangin aja perbedaan point 1850 dari juara 2.

tiba didetik-detik pengumuman...

pengumuman pertama dibidang software application, dan siapa sangka adik kelas gue yang juara 1, itu menandakan sekolah gue semakin dengan dengan gelar sebagai juara umum, sebelumnya tahun lalu sekolah gue udah dapat juara umum, dan waktu itu gue masih keren dengan peringkat 1 bidang desain grafis.

pengumuman kedua bidang lomba yang gue ikuti sendiri, gue merasa sangat teramat deg-degan melebihi dari rasa deg-degan waktu pertama kali nonton bioskop bareng pacar, atau seperti nggak sengaja kentut didepan gebetan. Sumpah ini beda!

dan hasilnya .... rahasia 

oke, rasanya nggak seru jika sebuah cerita tanpa ending, Berkat doa temen-temen semua, adik kelas, guru-guru bahkan semua yang udah kenal gue, pacar tentunya, dan ayah sama mama yang udah ngirimin do'anya alhamdulillah gue kembali mendapatkan predikat juara 1 bidang lomba desain grafis dan menempatkan sekolah gue kembali menjadi juara umum, dengan web desain juara 1, counter strike juara 2, PES juara 2, meski sedikit ada kontroversial dari pihak-pihak tertentu.

Tapi ini masih awal, gue harus masih berjuang bulan februari, pada lomba LKS yang pernah gue ikuti dulu. Apakah gue bakal mengulangi kekalahan yang sama? entahlah gue tetap optimis. karena tuhan selalu punya rencana terbaik dan jalan yang baik buat gue menggapai apa yang bisa membuat gue bahagia.

psst: karena menang lomba itu, gue dan temen-temen yang ikut mewakili sekolah diwawancara sama salah satu media cetak, kita lihat bagaimanakah tampang semutboy masuk koran?

apakah disitu akan ditulis semutboy dengan prestasi? atau jangan-jangan akan ditulis : seorang siswa bernama rian mencabuli nenek-nenek dibawah umur. bisa jadi : rian pelaku pemerkosaan om-om pembakar jagung jembatan barelang. Hiiiy~

Ini cuplikan sewaktu gue sedang mempresentasikan karya gue :


sekali lagi gue sangat berterimakasih dengan prestasi ini, semoga kedepannya lebih baik dengan kejadian kuku yang lepas saat lomba. Mungkin itu yang dinamakan "PERJUANGAN SAMPAI TITIK DARAH PENGHABISAN" hehehe

ada hal aneh lainnya, hampir 3 tahun tinggal dibatam gue nggak pernah main keluar rumah sama anak-anak sebaya gue diperumahan ini, dan gue nggak mengenali wajah "Pak RT" di tempat tinggal gue akibatnya gue malah memanggilnya dengan sebutan "Oom".



13 Cibiran

keren bang presentasinya :) wajar menang kunjungi balik ya

Balas

selamat dengan kemenangannya^v^

Balas

bikin mockup pakai photoshop foto baju men biar asoy hasilnya hahaha.. selamat yeh..

Balas

masalahnya manual bikin dari 0 bro :D, sepertinya coreldraw lebih cocok karena berbasis vector. hehe

Balas

hehehe makasih ya :) , tapi penilaian kan nggak semata-mata dari persentasi hasil nya juga bisa menyampaikan tema kepada yang lihat atau enggak :D hehe makasih udah mampir

Balas

waaah makasih banget yaa udah mampir , makasih ucapannya :)

Balas

Keren bro postingannya ~~\o/

Balas

serius lu lekong eh maaf berjiwa keibuan? :D

Balas

Kasian sama kursinya, nggak salah tapi disalahin.
Wah selamat ya, itu presentasinya keren...

Balas

"karena jantung bisa diganti dengan sebuah IC atau CHIP yang saya sisipkan dibagian belakang pak, dan saya rasa paru-paru itu keren!" gue suka alesan lo bang! wkwkwk xD

Balas

mantapp gann.....6 jempol dehh wkwkwk

Balas

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!