SEBUAH KISAH DENGAN SEJUTA IMPIAN



Berjuta-juta tahun yang lalu sebelum galileo mengungkapkan kalau bumi ini bulat
atau bahkan sebelum dinosaurus suka mencuri ketimun. Tuhan sudah mengatur masa depan gue. 

Ya seperti ini, gue terlahir ganteng dan menjadi para idaman pria .

Kisah gue berawal jauh sekali sebelum dinosaurus tau apa itu rendang, 
dan semasa itu gue dihadiahkan seperangkat komputer dan alat sholat dibayar tunai.

Seperangkat komputer dengan monitor CRT, bertenaga kuat pada masa itu dengan pentium III, terdapat stiker keren bertuliskan Hp, dan juga ditambah dengan printer canon ip1100 kalau dipake buat ngeprint bunyinya persis kayak katak keselek tulang gulai ikan hiu.

Tapi entah sejak kapan katak suka makan gulai ikan hiu. 

Komputer hadiah itu gue manfaatkan semaksimal mungkin semacam hobi mengoleksi film.... ng.... you know what i mean. ya film doraemon. Film doraemon masa itu masih jaya-jaya nya.

Disaat itu pula gue yang masih sangat kental jiwa keibuan ini hobi tukeran binder, sampai gue bikin sendiri binder karya gue yang dibuat pada kertas HVS yang sebelumnya gue desain melalui microsoft word dan gue print dengan printer yang bunyinya kayak katak yang suka makan gulai ikan hiu tadi.

Alhasil ternyata temen gue banyak yang minat untuk dibuatin juga binder seperti gue dengan mencantolkan nama mereka disitu. Gue mengambil tarif Rp. 5000,-/lembar . Dan ternyata ada juga anak bodoh yang menyanggupi itu.

--

Seiring berjalannya waktu, gue lebih senang bermain dengan objek gambar, membuat sesuatu, menciptakan hal baru, sampai akhirnya gue menyadari sesuatu bahwa passion gue ada disitu. DESAIN GRAFIS! tapi, gue sama sekali nggak bisa gambar manual. 

Dan mungkin saja Leonardo Da Vinci akan berhenti menjadi seorang pelukis saat ngeliat gambar gue. 

Tapi tuhan menunjukkan jalan ke gue..

Gue diberi kesempatan untuk mengikuti sebuah lomba desain grafis se-SMK tingkat kota yang diadakan Politeknik Negeri Batam pada tahun 2012. Dan alhamdulillah gue berhasil jadi ..... juaranya. Tahun berikutnya juga pada lomba yang sama , masih tingkat yang sama juga pada tahun 2013 gue juga berhasil jadi... juaranya. 

Membuat gue semakin PD pada dunia perdesainan ini, 2 hasil itu juga tidak luput dari temen gue zakeri yang pertama kali memperkenalkan gue pada dunia desain grafis dan ngajarin gue dasar photoshop. 

Gue dulu sempat menggeluti dunia musik, tapi tiap kali gue habis nyanyi selalu ada ejekan dari abang gue. Akhirnya gue memutuskan pesiun dari dunia permusikan indonesia, mungkin bukan rejeki ahmad dani buat merekrut gue diperusahaannya. Seandainya gue meneruskan untuk tetap didunia musik, mungkin justin bieber nggak akan terkenal.

Seperti gue bilang dari awal, kalo tuhan sudah punya rencana masa depan kita jauh sebelum galileo sadar kalau ternyata bumi ini berbentuk trapesium sembarang.

2013, gue mengikuti sebuah ajang bergengsi didunia SMK yaitu Lomba Kompetensi Siswa atau disingkat LKS. Semua perlombaan diberbagai bidang dipertandingkan, baik itu memasak, memasang keramik, pokoknya semua jurusan mempunyai perlombaan mereka masing-masing. Saat itu gue cuma berhasil mendapatkan juara 2.

bisa diibaratkan, kalau SMA punya olimpiade, maka SMK punya LKS. 

Dan gue kebetulan menjadi perwakilan SMKN 1 BATAM, mengikuti lomba dibidang desain grafis. Mungkin SMKN 1 BATAM memilih gue karena gue ganteng, gak lebih.

LKS ini punya tingkatan dari KOTA - PROVINSI - NASIONAL.

Hanya juara 1 yang diperbolehkan lanjut ketingkat selanjutnya, dan tahun 2013 lalu gue dinyatakan gagal lanjut ketingkat provinsi. Kegagalan itu membuat gue merasa seperti tidak pantas berada didunia desain, dunia desain bukan dunia gue, dunia desain hanya berisi orang-orang kreatif dengan imajinasi tinggi.

Semangat, motivasi, yang gue dengar membakar gue buat ngelanjutin lagi ditahun berikutnya... tahun 2014.

Dan ini kisah lain yang ingin gue ceritakan kepada kalian.

10-12 Maret lalu gue mengikuti LKS tingkat kota batam, ada peserta tahun lalu, dan ada juga wajah-wajah baru. Tapi masih gue lah yang paling keren dan ganteng. Mereka penuh ambisi terlihat dari semangat mereka, gue sebagai peserta veteran nggak mau kalah dengan mudah. 

Modul-1 , disuruh membuat desain maskot Go green + Poster go green. Mereka lupa kalau gue adalah pencinta alam garis keras! HUAHAHA

Modul-2 , disuruh membuat desain kemasan mug gelas masih bertema go green.

Tahun ini, soal diberikan kepada peserta pada saat lomba. 

Berbeda dengan tahun lalu, soal diberikan kepada peserta seminggu sebelum lomba. Alhamdulillah gue yang lebih sering memperhatikan lingkungan sekitar tidak terasa sulit menentukan ide dari desain gue.

Usaha dan kerja keras gue saat latihan dan sampai nginap disekolah nggak sia-sia, gue berhasil lanjut ketingkat provinsi. Tinggal selangkah lagi impian utama gue buat ngerasain naik pesawat bakal tercapai. 

20-24 April lalu LKS tingkat provinsi kebetulan diadakan di BINTAN, sebuah tempat surga pariwisata kepulauan riau. 

Gue sekarang tidak hanya sebagai perwakilan SMKN 1 BATAM, gue juga sebagai perwakilan/kontingen kota BATAM. 

Jumlah peserta dari kota batam berjumlah 21 orang dari 21 bidang lomba yang diikuti. Sedangkan dari sekolah gue mengirimkan 7 perwakilannya untuk mewakili batam dan sekolah gue juga sebagai juara umum tingkat kota BATAM.

KONTINGEN KOTA BATAM


KONTINGEN SMKN 1 BATAM

Ini catatan harian gue selama mengikuti LKS tingkat Provinsi :

20 April 2014 
06:45, Pagi ini sebelum pergi ke Bintan buat lomba LKS tingkat Provinsi, gue datang paling pagi kesekolah, bahkan sebelum ayam sempat ngembek. Katanya sih seorang pemenang harus datang lebih dulu ketimbang peserta lain, ya semoga aja. 
Gue ada feel keren banget pagi ini, dengan tas lumayan besar yang isinya jenazah bekantan, celana chino warna cream bawahannya kecil, dan sepatu new balance hasil nyolong dimusholla depan rumah gue. Sekilas kalau dipikir-pikir gue persis raffi ahmad, tapi sayangnya gue males mikir. 
Waktu yang ditetapkan datang jam 08:00, tapi gue datang satu jam sebelum itu HUAHAHA! 
Pergi kepagian dan terburu-buru bikin gue ketinggalan beberapa barang penting, sendal! semoga dihotel nanti ada sendal yang bisa gue colong. Yang bikin nyesek gue ketinggalan sabun dan tissue... oh tidak! you know what i mean. 
Orang kedua yang datang adalah albani adik kelas gue yang ikut dibidang electrical installation tentang listrik-listrik gitu deh, mungkin sewaktu dikandungan, mamanya ngidam kesetrum. Tapi dia jago ! 
08:05, sudah lewat lima menit dari waktu yang dijanjikan. Budaya terlambat ini memang sulit dihilangkan dan disaat seperti ini gue malah sesak boker. bentar lagi bus bakalan berangkat ke dinas pendidikan untuk pelepasan. ah bokong gue emang tidak berperikebokongan sekali. 

08:40, kami kontingen dari SMKN 1 BATAM sampai didinas pendidikan kota batam untuk pelepasan gue ketemu dengan wajah-wajah baru perwakilan dari sekolah lain, ada yang mirip orang jepang sekilas kalau diliat gue teringat film hentai.  
10:00, kami berangkat kepelabuhan punggur dengan bus pariwisata dan gue baru ngerasain naik bus segede ini, gue duduk disebelah ferdi temen gue yang ikut dibidang electronical application yang berhubungan sama barang elektronik gitu, katanya sih lomba memperbaiki TV dan nyolder komponen gitu. 
11:10, kami kontingen batam melanjutkan perjalanan menuju BINTAN dengan menggunakan kapal yang tidak begitu besar. Gue udah terbiasa naik kapal kayak gini, si yohanes temen gue yang lain dibidang welding yang lombanya ngelas besi/pipa gitu selama perjalanan ngecengin cewek-cewek terus, termasuk sicewe jepang yang ikut dibidang marketing. 
Kurang lebih 30 menit sampai di Bintan, namun masih ada sekitar 1 jam lebih perjalanan menuju hotel. Kami memutuskan makan dirumah makan padang, makan dengan gratisan ini nggak gue sia-siakan, semua jenis lauk pauk gue ambil satu persatu dan resmi buat celana gue nggak mampu bertahan dalam kesempitan. 
13:00, kami sampai dipenginapan Hotel Said Bintan.
anjir ini hotel ternyata keren abis, banyak bule, ada kolam renang, dan makanan yang enak-enak!! gue sekamar dengan yohanes playboy amatiran dan imam rahman anak baik temen satu sekolah temen satu jurusan dan juga temen satu kelas yang ikut dibidang networking support kayak heker-heker gitu. 
19:00, jadwal makan malam. Beh! Makan malam disini romantis banget dikelilingi lilin cantik disamping kolam renang. Andai nedya ada disini bareng gue.  


22:15, Gue nggak bisa tidur disini pake AC dan gue nggak terbiasa menggunakan AC, kasurnya empuk banget. besok pembukaan LKS semoga berjalan lancar. amin 
21 April 2014 
07:00, jadwal sarapan pagi, masakan sarapan pagi disini bermacam-macam nafsu birahi gue beringas sekali dan hasilnya banyak makanan tersisa. Semoga pembukaan LKS hari ini nggak menjadi bencana perbokongan gue. 
09:00, Pembukaan LKS dimulai, penampilan budaya melayu keren banget. ada cewek nyanyi solo body nya aduhai, lumayan cantik suaranya juga bagus. Tapi lebih mantap nedya. 
TARI PERSEMBAHAN KHAS MELAYU

PERMAINAN  ALAT MUSIK MELAYU

21:02, gue harus tidur lebih cepat karena besok adalah lomba dan penentu harapan baru impian gue. Latihan gue rasa udah cukup. selamat tidur dan semoga besok adalah hari gue ! 
22 April 2014 
08:00, bentar lagi pertandingan dimulai modul-1 adalah membuat vector cartoon, peserta ada 4 orang dari 4 kabupaten. Karimun,Natuna,Tanjung Pinang dan Batam. 
12:05, sekarang waktu istirahat, lomba tadi menguras tenaga gue banget. Sekarang nggak nafsu makan jantung masih berdegub kencang. perwakilan dari pinang tadi mengerjakan vector hanya dalam waktu 1 jam dari waktu 4 jam yang disediakan. Gue nggak tau hasilnya gimana, tapi usaha gue udah semaksimal mungkin. 
12:30, sekarang gue dan imam nangis nggak karuan dikamar, entah karena hasil kami yang buruk atau entahlah. masih ada 3 jam untuk melaksanakan modul-2 membuat logo dan poster. semoga hasilnya memuaskan! 
20:30, demi apa gue bersyukur banget hari ini, hasil gue lumayan dibanding peserta lain. pertandingan hanya tinggal besok membuat minuman kemasan, ya semoga hasilnya juga jauh lebih baik dari hari ini. Gue mesti latihan lagi. daaah 
23 April 2014 
Gue nggak tau apa yg terjadi pada hari terakhir lomba ini!!! semuanya fatal ! kemasan gue hancur dan salah buat! anyiing! pengumuman besok! temen gue semua udah diumumkan kalau mereka juara 1 dan artinya pergi ke nasional. Begitu juga dengan imam yang sudah yakin ke nasional. 
Sekarang hanya tinggal gue bisa ke nasional atau enggak, si yohanes kampret bikin gue tambah galau. Apapun hasilnya mungkin adalah jalan terbaik tuhan buat gue. 
24 April 2014 
07:00, Pagi ini gue masih belum bisa tenang. Gue nggak tau hasil nanti harus gimana. 
12:05, tadi saat pembacaan pengumuman gue cuma bisa nangis, cuma bisa ngalirin air mata! cuma bisa sejenak kehilangan kesadaran! nangis terharu!!

Gue akhirnya bisa menggapai cita-cita sejak lama buat ngerasain naik pesawat !!! yuhu!!!!! terima kasih banyak buat semua yang udah mendukung gue dari awal hingga sampai sekarang. semuanya berkat semangat, dorongan dan semuanyaa dari kaliaaan! 

--

Gue gak akan melupakan pengorbanan mama gue buat ngejahit celana training sebelum gue berangkat.


--

PELAKSANAAN LOMBA

Muka serius 

Anak percetakan


Diliatin banyak orang jadi grogi


Alhamdulillah sempat masuk koran hehehe :D


Tulisan bidang lombanya salah

terroris





GALLERY ORANG GANTENG











Ini Cerita tentang pencapaian impian gue? gimana dengan kamu? Oh ya nasional nanti diadakan di palembang! so? buat pembaca blog ini merasa dipalembang ajak gue jalan-jalan ya ntar hehehe 

25 Cibiran

wah selamat! ^^
semoga sukses di Palembang nanti yaa..

Balas

conratulation !! keren nih...semoga berhasil di Palembang nanti mut... :'D

Balas

Wah, padahal gue juga pen ikut LKS-_- gudlak bang! :)))))))

Balas

waaah hebat!! kok udah mau lulus masih tetep ikutan lomba bang? tapi keren keren. eh LKS itu apa ya? gua punya LKS juga tapi isinya soal soal latian sama rangkuman materi. -_-

Balas

wahh, jadi iri nih (bukan, bukan karena lo ganteng) gue iri karena semut aja bisa masuk koran! hehe

Balas

hehehe makasih ya christina !! :D

Balas

hehehe thanks yaaa des !! \m/

Balas

hehehe oke thanks dauz !! semangART !!

Balas

ya begitulah, LKS itu Lomba Kompetensi Siswa, sama kayak anak SMA yang ikut olimpiade sains atau semacamnyalah. LKS juga setingkat dengan OLIMPIADE gitu. Kalo SMA punya OLIMPIADE , maka SMK punya LKS. :)

Balas

hahahha bentar lagi masuk korang pelecehan bro :p

Balas

Keren nih, selamat atas perjuangan yang ditempuh. Usaha yang keras selalu memberikan hasil yang puas, right?

Ceritanya bikin gue ketawa di awal, tegang di bagian tengah, dan ikut terharu di bagian akhir. Pokoknya selamat dan semoga sukses terus bang! :)

Balas

Cie cie... masuk koran, jadi siswa yang berprestasi.. Cie cie.. :) Semoga sukses buat di Palembang nanti :)

Balas

Wohoooooooooo keren abis lo yan! Gue masih proses menuju pencapaian nih. Hehehe. \:D/

Balas

Kerennn...
Btw, selamat untuk desain baru blognya :D

Balas

anjiir keren banget quotes loh "Usaha yang keras selalu memberikan hasil yang puas" !! big thanks udah main ke sini yak! :D hehehe

Balas

hehehe thanks feb !! :) amin!

Balas

hehehe thanks di. semoga lo juga bisa masuk koran dengan rambut lu yang enggak keribo itu \:)/

Balas

huahahha next post promosi buat yang desainin blog ini muahaha

Balas

Gile keren banget loe bang,, ada tutorial nya gak di blog ini bang tentang desain grafis?

Balas

Waaa asik nih jadi penasaran hahaha , ditunggu bro :D

Balas

ooh, hebat doong. pasti mamak abang yg rajin jaitin celana training bangga sama situ. :')
tapi bukanya abang udah mau lulus ya, kok masi aja di ikutin lomba? :o

Balas

Kalo lo pergi ke palembang mampir ke padang ya :D Ntar kita ketemuan, gue ajakin putar-putar kawasan padang trus makan sate makan, dan makan daging rendang :D

Balas

enak banget anak jurusan TKJ dikasih kesempatan buat ikut desain , kalau diSMK gue cuma anak DKV yang bisa ikut desain jadi harus sesuai jurusan :") buat ikut LKS , beruntung bangut serius , btw gue penasaran sama hasil desainnya , nggak boleh dishare yak?

Balas

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!