Pentingnya personal branding untuk blogger



Setelah hampir satu tahun lebih gue ngeblog dari tahun oktober 2012 – sekarang. Alhamdulillah sedikit banyak ilmu gue meningkat dari mulai nggak tau sama sekali sampai bisa membangun blog imut-imut kayak gini. Dan sekarang gue menemukan sebuah proses yang perlu dibangun untuk seorang blogger yaitu “personal branding”.

Untuk menjadi seorang blogger professional atau menjadi blogger professional itu adalah sebuah impian maka kita perlu tau tentang "personal branding". kenapa?

Karena blogger bukan lo sendiri, ada jutaan lebih blogger didunia ini, maka personal branding itu perlu bagi seorang blogger atau identitas yang menjadi karakteristik lo sendiri. Untuk itu butuh keunikan sendiri. dan menjadi pembeda dari jutaan blogger lainnya.

Gue tahu tentang personal branding baru-baru juga, jadi selama ini gue ngeblog tanpa identitas, tanpa sebuah karakter yang identik dengan diri gue sendiri yang menjadi pembeda antara gue dan blogger lainnya.

Akibatnya, gue sulit diingat sama orang lain.

Blogger-blogger yang sudah sukses dengan personal branding udah banyak, seperti katakanlah shitlicious, benakribo, dan masih banyak lagi.

Seandainya gue mengatakan “mahasiswa abadi” buat yang sudah tahu dunia lingkup blog pasti akan tahu siapa orang itu. Ya dia shitlicious atau lebih detailnya Alitt. Itu bukti kesuksesan personal branding yang udah dibangun oleh alit.

Kilas balik mengenai gue, pertanyaannya apakah selama ini gue udah memiliki personal branding?


Ternyata gue udah punya karakter sendiri, sesuatu yang membuat orang bisa tahu kalau itu gue, atau pembeda diri gue kepada blogger lainnya, hanya saja tidak gue asah, kendalanya adalah “konsistensi”. Gue nggak konsisten, selalu mengubah personal branding gue, sampai akhirnya sekarang gue kenal dengan nama “personal branding” gue menemukan cara mengatasinya.

Coba buat merenung, menatap langit-langit kamar, berpikir apa passion lo, apa hal unik yang harus lo tonjolkan dengan keahlian lo, dengan hal yang sangat lo senangi, ingat semua orang itu beda-beda, dan itu yang harus lo asah agar jadi sebuah ciri khas.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan membuat banyak orang meminati blog lo, atas keunikan itu.

Bukan ingin sombong, enggak sama sekali, bahkan gue sadar masih banyak blogger yang lebih baik, lebih keren atau lebih ahli tapi hanya sebagai contoh referensi mengenai personal branding.

1. Username



Orang sering bertanya-tanya, apa semutboy itu? kenapa semutboy?

Dari tahun 2012 gue sudah menggunakan nama semutboy. Dengan kata lain untuk hal ini gue sudah konsisten. Nama point utama yang penting buat membangun “personal branding”.  Dalam membuat nama harus  sesuai dengan apa yang mencerminkan diri lo sendiri.

Note: personal branding nggak harus nama samaran, Nama hewan, atau hantu dan sebagainya lah. Banyak juga blogger-blogger yang menggunakan namanya sendiri sebagai personal branding. Itu kreatifitas dan usaha lo gimana caranya bisa menjadi beda dari blogger-blogger lain.

Gue sendiri menggunakan semutboy bukan sembarangan asal bikin, semua punya latar belakang dan ceritanya.

Pernah ada yang bilang ke gue: 

Ikut-ikutan raditya dika yang mengawali kariernya dengan nama kambingjantan dan lo membuat identitas dengan konsep yang sama di sosial media/ dunia maya dengan nama “semutboy”?

Jawabannya : SALAH.

Gue sendiri menggunakan nama “semutboy” jauh sebelum gue mengenal sosok raditya dika di era internet ini. Gue nggak pernah mengenal “kambing jantan” gue nggak pernah mendengar nama hewan-hewan lainnya yang terkenal di internet sebagai personal branding orang lain.

Jadi kenapa bisa berpikiran membuat nama semutboy?

Semasa gue mulai duduk dibangku sekolah dasar, postur badan gue merupakan yang paling kecil diantara temen-temen gue, sampai suatu ketika gue ikut pramuka disekolah dan gue sendiri dipilih buat jadi pemimpin regu, dan biasanya setiap regu mempunyai nama mereka masing-masing. Biasanya cowok dengan nama hewan, dan cewek dengan nama bunga.

Tapi kakak-kakak Pembina waktu itu melihat postur pemimpin regu kayak gue yang kecil maka regu gue dinamakan : semut . sejak Kejadian itu setiap kali gue diejek semut, dan dikerjain kakak kelas saat MOS juga disuruh mencari semut. Nama semut…semut…dan semut selalu ada dimasa pertumbuhan gue.

Sampai ketika gue mengenal dengan nama “sosial media” gue membuat akun sosial media pertama yaitu facebook dengan nama sendiri, ternyata itu membuat gue jadi terkekang nggak bisa bebas, mau bikin status pacaran takut ketahuan keluarga dan guru-guru. Dan bodohnya karena baru mengenal dengan facebook gue nggak tau sebuah tool yang namanya blokir! Andai gue sudah mengenal dulu apa itu blokir gue nggak perlu menggunakan nama misterius di sosial media. 

Dan semutboy ini juga nggak akan lahir.

Gue memutuskan untuk membuat nama “semut…” ya kata boy didapat dari gabungan kata semut dan playboy.

Jadi dikalangan temen-temen cewek, gue dicap playboy, ya gue tau meski nggak kelihatan. Karena sering gonta-ganti pacar dan gue sendiri orangnya bosenan. Berhubung juga jenis kelamin gue laki-laki, maka lahirlah “semutboy”. Alasan lain gue menggunakan nama semutboy agar bisa menjadi pembeda untuk orang mengenal gue. Karena nama panggilan rian itu banyak dan pasaran banget.

Ternyata nama itu sukses!

Setiap kali ada yang nanyain gue. Mereka sering bilang : “eh kenal rian nggak? Itu rian semutboy” “eh lo Nampak rian? Rian semutboy itu”

Dan jadinya, adik kelas dan orang-orang baru yang kenal sama gue lebih mengenal semutboy ketimbang nama gue sendiri. Hal yang membuat bangga gue saat tau ada yang pernah membuat akun parodi dari “semutboy” dengan nama “semutcoy”, itu menandakan nama personal branding gue sukses” Ciaaat..ciaaat.

(Maaf kepanjangan)


2. Tagline/motto/slogan



Tagline sama seperti deskripsi blog gitu, ini juga harus konsisten, sayangnya sebelum hari ini gue nggak pernah konsisten dengan tagline, awalnya gue menggunakan tagline “kisah pelajar terlanjur bodoh” “kisah semut ganteng abad ini” dan berakhir “Raja hutan Maya”

Menggunakan embel-embel “bodoh…idiot…labil…” “cerita si….” “kisah sang…” “The story of….” Itu udah mainstream, udah biasa! Bahkan hampir semua blogger menggunakan itu. Dan itu alasan gue mengubah/mengganti sesuatu agar berbeda dan orang mudah mengenali gue. Hehe

“Raja Hutan Maya” kita tahu sendiri raja hutan nyata adalah…. SINGA! Dan gue ingin membuat raja hutan didunia maya adalah SEMUT! Saat orang mendengar kata Raja Hutan maka mereka akan berfikir didunia nyata singa, dan didunia maya adalah semutboy! Ciat…ciaat…

Kalo singa “mengaum”, maka
Semutboy “menciat”, ciat…ciaat…

3. Tampilan

Gue juga baru menemukan tampilan blog gue sendiri, tampilan yang smooth dan imut-imut kayak semut, berwarna pink ! inilah pembeda blog gue dari blog cowok lainnya! Cowok mana yang pengen blog pribadinya berwarna pink? 

Mungkin kalian para cowok yang membaca ini terganggu dengan warna pink maka enyahlah! Kalian tidak mengerti perasaan cowok kewanita-wanitaan kayak gue!

Semuanya punya cerita dan latar belakang kenapa bisa gue membuat tampilan blog berwarna pink.

Dulu, sudah lama sekali, jauh sebelum blog ini lahir, bahkan jauh sebelum gue lahir. Mama berharap punya seorang anak cewek karena 2 orang anak yang udah dilahirkan adalah cowok semua. Segala cara dilakuin mama agar punya anak cewek. Sampai ketika di USG, bidan, dokter, dan tetangga-tetangga mengatakan bahwa bayi yang dikandung mama waktu itu adalah seorang anak cewek. Tapi kenyataannya gue lahir dengan berjenis kelamin cowok, betapa hancurnya hati mama, lahir-lahir aja gue udah ngecewain orang tua.

Nggak heran karena tidak kesampean mama mempunyai seorang anak cewek, maka gue yang dididik seperti cewek, dan itu yang menyebabkan gue selalu mengutamakan perasaan seperti cewek pada umumnya.

Siapa cowok yang nonton refrain nangis? Jawabannya GUE!

Cowok-cowok lebih menyukai warna merah, biru bahkan hitam untuk memperlihatkan kegentlean mereka, tapi gue lebih senang dengan warna pink. Karena udah naluri kali ya. Terbukti masih kecil gue lebih sering main sama temen cewek, mainan boneka kertas. 

Gue nggak tau! Yang gue rasain adalah gue senang melakukan itu.

3. Logo/icon

Icon yang gue maksud seperti gambar atau logo dibawah ini :



Disitu tidak ditulis nama nya, tapi hampir semua dari kita tahu siapa pemilik logo itu. Nah itu yang harus dipunyai seorang blogger. Sebuah icon yang identik dengan dirinya. Gue menyisipkan logo difooter. Dan favicon yang kalau difokus akan terlihat siluet wajah gue sendiri.




Mungkin saja kalau kalian menemukan logo ini dimanapun berada kalian akan tau kalau ini adalah gue.

**

Mengenai personal branding gue kasih contoh ni, mungkin lo orangnya kocak, gokil, senang menghibur, kenapa enggak membuat sebuah personal branding “bertema badut” menurut gue masih belum ada deh yang terkenal dengan tema dan seuatu yang identik dengan badut, lo bisa minta tolong sama temen-temen yang bisa desain, untuk bikin logo atau apa aja yang masih termasuk dengan seorang “badut”. Ya begitulah. Mulai sekarang merenunglah! Ciat…ciat….

"Personal branding bisa dilakukan siapa saja, pentingnya personal branding untuk mempromosikan diri"

Note: pengen tenar? jangan sesekali menggunakan personal branding yang sudah dimiliki sama orang lain, Apalagi meniru sepenuhnya. Gue nggak mewajibkan sih, cuma akan sulit untuk berkembang. Cobalah sedikit lebih kreatif.

"Jika selalu meniru orang lain, bagaimana kreatifitas akan berkembang"
Melalui cerita diatas gue menyimpulkan cara membangun personal branding :



- dimulai dengan "tentang apa diri lo" cari dan gunakanlah kata kunci yang khas dari lo sendiri. 
- Passion, ya ini yang harus ditonjolkan, kita semua punya keahlian tapi tidak diasah, mungkin mengecap diri    lo sebagai doodler super sejati, traveller sejati abis kayak @berjebraw.
- Gaya, tampilan, bukan hanya diblog tapi ya bisa mungkin dengan cara berpakaian menjadi ciri khas,             semisal lo suka pake kupluk, kenapa nggak bikin kartun cowok menggunakan kupluk dan menjadikan itu     sebuah icon.



orang tau facebook karena mark zuckerberg

orang tau lagu indonesia raya karena W.R Supratman

orang tau joget cesar karena cesar

orang tau lo karena apa?


Pertanyaannya adalah, bukan apa yang sudah lo dapatkan sekarang, tapi apa yang udah lo berikan pada orang-orang disekeliling lo?




"BE YOURSELF"


referensi:
http://irmasustika.com/home/membangun-personal-branding-3/
http://www.slideshare.net/sandrohutapea/personal-branding-9653559
http://www.blogodolar.com/kenapa-blogger-perlu-tahu-personal-branding/
http://lifestyle.kompasiana.com/catatan/2011/06/14/blogging-dengan-personal-branding-itu-perlu-372812.html
http://hedisasrawan.blogspot.com/2012/04/cara-membangun-personal-branding-yang.html
http://kagamavirtual.com/2011/08/02/personal-branding-bersama-mas-silih-agung-wasesa/

Sumber gambar:
http://www.quickblogtips.com/567/five-things-to-include-on-your-about-page/
http://she-nawangtri.blogspot.com/2013/01/personal-branding.html
http://www.marketing.co.id/ciptakan-personal-brand-yang-mengesankan/

31 Cibiran

gue tersadarkan abis baca ini. Thanks bro

Balas

iya bro semoga sedikit banyak bisa membantu :) hidup blogger! wuakaka :v

Balas

Blog gue sendiri namanya Sooperbow. Dengan Tagline "My Sooper Power". Dan akhirnya gue konsisten gunain nama itu, yang sebelumnya gue masih labil untuk cari nama blog gue dengan ada sangkut paut blogger lain. Kalo masalah logo, gue masih kurang. Karena gue gak jago dalam hal mendesain logo. Template blog juga, gue masih gunain template jendela biasa. Mungkin kalo udah jago dalam html, gue bisa ubah-ubah dikit template blog gue dengan simple, khas, dan gak berat.

Balas

Ah apalah arti mainstream dan anti-mainstream.

Balas

keren bro gue baca ini.. sekarang gue jadi lebih tertarik lagi manggali karakter untuk blog gue sendiri.. sebenernya untuk tagline dan logo, belakangan ini gue sudah mulai gencar bikin dan timbang-timbang karakternya. terus masalahnya mungkin dititikberatkan mengenai promosi / konsistensi yang kurang dari gue nya sendiri..
btw, sukses bro.. salam kenal. :D

Balas

Eh warna blognya jadi putih sama merah jambu gini, jadi berasa di blog sendiri.

Balas

wah, username udah Rainbowman, warna blog rame dgn warna warni, icon blog pake muka gue yg gue warnain macem2, tinggal tagline neh..
btw keren desain blog lu sob, kayaknya bbrapa bakal gw serap dan edit wkwk. gpp kan?

Balas

Tanya mut, trus kalo username yg buat komentar2 itu baiknya pake nama sesuai nama blog apa malah pake Google+ yg kebanyakan make nama asli?
Di sini aku agak bingung nih, pas ada yg koment di blogku kan tak klik dia make nama asli, eh pas buka blognya malah beda namanya... Baiknya mana? Mohon pendapatnya yea...

Balas

Baru main lagi nih ke blog ini setelah sekian lama :D Tampilan lo yang sekarang gue akuin lebih fresh bro dan lebih rapih. Alhamdulillah gue nemuin karakter gue di 2013 ini, doain aja sukses di 2014-2015. Mungkin di tahun-tahun sebelumnya dunia internet belum siap nerima gue.

Balas

Gue setuju banget! Banyak yang bilang, nama blog kok di alay-alay-in. Padahal mereka gak tau aja sejarah pembuatannya saja, ini bukan perkara malu sama nama pemberian orang tua, tapi ini perkara branding.

Balas

Gue juga nama, Ranssoul. Haha kapan2 gue juga mau jelasin ke pembaca XD makasih inspirasinya bang Rian (nama kita sama tapi gender kita beda) huahaha

Balas

wahaha setuju.. kalau udah jadi nama bisa gampang dijual ehehehe.. gue mah mahasiswa teknik fantasi :3

Balas
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Dengan begini, gue pengin mencari sesuatu yang apa menujukkan identitas diri gue. Anyway, gue suka sama tulisannya. Asli. Hehe.

Balas

wah, gue juga kalo ketemu sama kk kelas yang sekarang suka disapa 'eh, singlekece' wkwk. kocak aja.
btw, bagi tutor dong bang cara ngedit tulisan kek 'semutboy' itu :D

Balas

seenggaknya lo udah mulai memperkuat karakter personal branding lo, broh :)

Balas

Cahaya baru "Personal Branding". Gue tersadar juga setelah baca ini, makasih banget bro!

Balas

wih, makasih banyak bro..! keren nih tulisan

Balas

Anjir, langsung gerak nih otak. Thanks bro :))

Balas

saya juga pernah baca topik yang sama.
personal branding gak susah diaplikasikan kalau kita emang tau siapa diri kita...!! :D

#kayaknya komen ane berbau Goldenweis

Balas

sangat menginspirasi :) :tepuktangan:

Balas

hehehe gue seneng bisa menginspirasi orang lain :D

Balas

Wooooh, keren nih artikel
Lu mensadur dan merangkum dari beberapa sumber itu?
tapi gue suka banget nih materinya, apalagi dengan penyampaian yang renyah dengan gaya lu sendiri

Mungkin gue bakalan merenung sehabis beres nulis komentar ini
Overall, thanks ya! :-bd

Balas

makasih banget brother ! thanks udah mau mampir kesini hehehe :7

Balas

Sekalian Blogwalking juga sih, ya sama-sama :D

Balas

informatif sekali bro, salam kenal ya :D

Balas

Mantap, bro. menarik juga tuh soal personal branding. btw, salam kenal ya :)

Balas

kereennn :x
inspiratif banget dan bikin saya jadi pengen bikin personal branding juga..

Balas

iya sih, personal branding emang penting banget.....aku juga liat blognya shitlicious, keren ternyata...#atmospherenyabedabanget

Balas

Personal branding yaaa?
Hmm... berarti gue udah ngelakuin itu waktu gue masih SD.
Bikin julukan 'misfil'. Miss falling in love. Jadi kalau denger 'cewek tukang jatuh cinta' ngarahnya ya ke gue. :3 #ngomongoposih

Balas

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!