Membuat Tampilan Blog Bagus dan Keren

assalamualaikum wr.wb

Bagaimana sih cara membuat tampilan blog kita jadi keren? 
Bagaimana membuat ini, membuat itu bla bla bla ... ?

Gue juga sebenarnya masih nyubi (Newbie) masalah blog, gue ngeblog aja belum nyampe 17 tahun, jadi belum boleh liat gituan (apa hubungannya). Dalam dunia blog (ceileh bahasanya) ada bermacam-macam pengguna (blogger) yang ngeblog dengan tujuan yang berbeda-beda : ada yang berbagi informasi, berbagi software, tutorial atau cuma sekedar nulis diary sehari-hari.

Tapi satu hal yang perlu diperhatikan. yaitu tampilan sebuah blog. seorang pengunjung yang kesasar atau memang sengaja masuk keblog kita akan melihat tampilan dan ketika tampilan blog kita jelek, bagaimana pengunjung itu bisa bertahan lama kalau dia merasa tidak betah dengan apa yang dia lihat, belum juga sempat baca postingan kita udah di close tab aja. miris.

"Blog itu rumah, dan pengunjung adalah tamu"
Maksud pernyataan diatas adalah, blog kita ibarat sebuah rumah kita sendiri dan pengunjung ibarat seorang tamu, apakah tamu akan betah dirumah kita yang berantakan atau tata letak ruangan kita yang tidak pas atau acak-acakan, atau cuma karena ada kucing yang mengganggu dia duduk. kucing bisa kita ibaratkan sebuah widget gak jelas yang keluar muncul buat klik inilah, like itulah)

Mohon maaf sebelumnya buat para master atau tetua yang duluan ngeblog dibanding gue :D muehehe. disini gue mau bagi tips aja sesuai dengan pengalaman-pengalaman gue ngeblog. bukan berarti mau ngesok pinter atau nyindir sana sini :D

eniwei baswei, berikut hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah tampilan blog menjadi keren, bagus dan markotop :p :



1) TEMA BLOG

     Kamu pasti pernah gonta ganti tema hape, atau download tema yang kece untuk hape kamu. bukankah sebuah tema memiliki sebuah ciri khas atau karakteristik? sebagai contoh tema spongebob pasti ada icon-icon adalah karakter-karakter di film spongebob, atau identik dengan warna kuning?
     
      YAP ! itu lah yang kita butuhkan dalam tema "karakteristik/ciri khas" . diblog memang tidak semudah tema hape yang udah disediakan atau download bahkan ada juga yang bikin sendiri. tapi semuanya punya ciri khas.

     Dan kamu harus menemukan atau membuat blog dengan ciri khas kamu sendiri. sebagai contoh blog kak bena kribo ini. Tema blognya adalah RAMBUT KRIBO dan warna yang identik diblog nya adalah merah!.
 
     Atau gue misalnya dengan mengandalkan warna Biru Dongkernya sebagai ciri khas dan sebuah simbol playboy yang gue silang itu karena gue selalu dicap playboy sama temen atau bahkan guru di sekolah. kenapa gue silang? because  "Im Not playboy, But I'm Semutboy"


   Warna ini berperan penting juga sebagai ciri khas, sebagai contoh dalam kehidupan sehari-hari, warna ciri khas anak SMA adalah Putih dan abu-abu, SMP putih biru. Jadi mudah membedakan.

   Jangan menggunakan banyak warna dalam sebuah tampilan blog. bikin pusing ! dan untuk tips carilah warna yang sesuai atau punya feel enak dipandang .

     "temukan karakter kamu sendiri"

Ingat : Jangan mendownload sebuah template gratis atau yang udah jadi. cobalah buat sering-sering mengoprek blog kamu sendiri. kalau ada kesulitan coba rajin-rajin search. jangan mau yang instan aja.
"BIAR JELEK BLOG NYA, YANG PENTING ASLI BIKINNYA"
Jadi, blog kamu bukan template dari orang lain atau tema orang lain, atau meniru seperti blog orang lain. tapi buatlah seperti jati diri kamu sendiri.

Tips: kalian bisa lihat disini sebagai inspirasi untuk menemukan warna.

2) WIDGET


     Widget memang perlu dalam blog, sebagai tambahan-tambahan yang perlu ditambahkan dalam blog kita seperti gue contohnya ada widget : pengunjung yang online ada di samping kiri atas kamu, atau followers blog, dan banner plus code biar bisa bertukar banner :) eh, sekalian promosi nih :p.

    Tapi, masih banyak yang memasang widget gak penting. widget berpengaruh pada page reload (bener gak sih bahasa nya).

    Maksudnya begini, saat pengunjung datang keblog kita karena kita memasang banyak widget, buat masuk blog kita itu lambat/lelet untung-untung kalo yang buka pake jaringan kecepatan tinggi. kalo pake jaringan menengah dengan kecepatan rata-rata sempat ngopi dulu buat buka blog kita.

     Sebagai contoh widget jam. secara logika pengunjung blog kita rata-rata membuka lewat komputer. bukan kah sebuah komputer telah dipasang jam? yang biasanya ada di samping kanan bawah sistem operasi (windows) kamu. jadi kayaknya gak perlu kan ya? jadi nambah reload aja.

    Ibarat ada tamu yang mau datang kerumah kita, tapi pintu tertutup dan kita ada didalam. si tamu manggil-manggil dan nunggu diteras rumah nungguin kita bukain pintu, karena lamaaaa banget. eh keburu pulang duluan tuh tamu.


     jadi, gunakanlah widget yang penting-penting saja. seperti :

- followers dengan tujuan memudahkan blog walking buat mefollow atau followback blog kamu.
- archieve posting kamu, yang memudahkan pengunjung mencari bacaan yang selanjutnya mau dia baca atau berfungsi seperti daftar isi.
- dan jumlah pengunjung yg online bertujuan mengetahui seberapa banyak yg hadir di blog kita. semakin banyak, pasti pengunjung merasa senang karena gak sendirian berada dirumah kita.

3) FONT

    Font apa yang cocok? sebenarnya dalam penulisan, font mana saja sesuai selera kamu ya bisa dibilang cocok. tetapi akan lebih baik menggunakan font yang mudah dibaca, gak lebay tentunya.

    Jangan memaksakan untuk sesuai selera kamu, tapi coba sesuaikan dengan minat pengunjung. memang sih itu blog kamu ya suka-suka kamu, tapi tidak memikat hati pengunjung buatke blog kamu.

karena blog tanpa pengunjung ibarat kuburan tapi gak ada mayat yang dikubur (laaah gimana pula ceritanya). atau ibarat mall tapi gak ada yang jual, apalagi pengunjung.

Font yang biasa gue pake biasanya : Arial, Georgia buat quotes2, atau font-font yang mudah dibaca.

     Jarak ! (ingat ini jarak antar baris, bukan spasi) kadang jarang diperhatikan dalam sebuah blog. sejauh ini apa kamu tidak memperhatikan jarak antar baris postingan gue ini. coba bandingin dengan blog-blog lainnya. jarak antar baris blog gue ini gue pake 1,7 mm tujuannya agar mata pembaca gak capek mencari-cari sampai mana sipengunjung baca tadi.

ini buat yang mau ngatur spasi jarak antar baris: disini

    Ibarat kamu ngeliat tulisan temen kamu, tulisannya bagus tapi jaraknya mepet . pasti keburu sakit tuh mata dan pusing. Dan juga Ukuran FONT. Jangan terlalu gede atau terlalu kecil. gue biasanya pake ukuran 14px atau 12px. yang jelas enak dibaca.




    Warna Font jangan kayak gini :

CONTOH
CONTOH
CONTOH

Bikin sakit mata WOY!! sesuaikanlah dengan background post kamu (ingat background post, bukan background blog) Maksud gue disesuaikan bukan berarti background putih fontnya juga putih. seperti blog gue, background post putih dan tulisannya item. kan gampang dan enak buat dibaca.

    Jangan kayak gini:
CONTOH  (Warna font abu-abu dan background putih)
CONTOH  (Warna font kuning dan background biru)

sesuaikan aja enaknya gimana.

4) HEADER

     Header sebenarnya tidak terlalu penting, akan tetapi berpengaruh dalam page reload nya. kalo header kamu ukurannya gede untuk memuat/masuk blog kamu pasti lama, munculnya gak akan bisa sekali jlep! buatlah header dengan ukuran menengah rata-rata tidak terlalu gede. makin kecil header kamu mungkin bisa bikin page reloadnya jadi lebih cepat. tapi bukan hanya header aja, widget, image dan lain-lain juga berpengaruh.

    Header juga jangan terlalu lebay, atau warna-warna mencolok. buatlah sederhana mungkin tapi kelihatan karakter nya. dan usahakan ukurannya kecil ya. sebagai contoh blog kak pocongg ini. simpel banget kan? page reloadnya juga cepet, gak lama. sekali jleb! tapi tampilannya dapat ditutupi oleh kualitas tulisannya yang bagus.

   Dan gue, karena tulisan gue gak bagus-bagus banget, makanya mengandalkan tampilan buat menutupi kekuarangan tersebut. (Eh keceplosan :p)

5) IMAGE

     Biasanya tiap postingan pasti disertai foto, ya dan pastinya kita mau foto dengan kualitas bagus, sebelum gambar dimasukin ke blog alangkah bagusnya dikonvert dulu ukurannya jadi lebih kecil.

    Dan yang terpenting hindari gambar BITMAP diseluruh IMAGE yang ada di blog, terutama header. gambar bitmap yg gue maksud adalah gambar yang pecah karena dipaksa buat besar dengan ukuran aslinya yang kecil.

    Jadi begini, sebuah gambar yang aslinya kecil kalau kita perbesar dengan paksa pasti akan muncul seperti kotak-kotak gitu atau gambarnya pecah. jadi cobalah untuk membuat gambar dengan mengusahakan gambar jangan pecah.

   Tips: Coba bikin di corelDRAW karena lebih besar kemungkinan buat bagus dan hasilnya gak pecah. 

     di photoshop juga pada umumnya bagus tapi tergantung orangnya menurut gue.

     atur resolusi nya dibikin agak tinggi, dan kalau mau masukin icon yang kita ambil dari internet usahakan ukuran file yang bagus. 


sekarang ! ayo semangART!! Ciptakan rumah idaman kamu sendiri dan bikin tamu-tamu ke blog kita merasa nyaman :p

INSPIRASI :


" Untuk membuat pengunjung merasa nyaman, buatlah blog dengan page reload cepat, buatlah pengunjung nyaman dengan poin-poin yg gue sebutin tadi,  dan apa kalian sadar kenapa gue pake gambar dibawah ini disela sela postingan?"





gambar diatas gue pasang disela-sela postingan, itu adalah trik agar pembaca tidak merasa bosan karena ngeliat TEXT mulu, harus ada jeda seperti gambar visualisasi agar pembaca tetap bertahan di blog gue. cuma karena mepet, gue cuma bikin satu doang.

makasih buat yang udah baca sampai sini :* muaah (kecup basah) #pakeludah :p

see u yaah..


53 Cibiran

baiklaahhh...... tambahan: jangan ada iklannya ya -__- atau musik yang nyala sendiri, ama capcha di non aktipin :D komplit deh

Balas

aaaah suka sama postingan ini.
informatif sekaleee :D

sampe keringetan bin ngos ngos-an bacanya -_-

kunjungan balik ya.
follow juga =D

salam kenal,
laras

Balas

nice tips ! gue suka sama icon yg lu buat hehe

Balas

heuheu sipp... musik tuh kadang ngeselin :|

Balas

setelah dibaca-baca ternyata tips di atas yang bikin blog semut boy ini jadi kelihatan keren dan bagus...

Balas

cara memadukan warna gimana ?

Balas

wowow guna banget nih postingan blogmu, karena blogku masih nyontek template langsung jadi, hehhe... jelasin lebih detail lagi dunx caranya...
oya, lancong ke blogku gih, kasi komen tampilan apanya yang jelek, komenin juga puisiku ya, sankyuuu

Balas

BENER BANGET TUH BRO :D

Balas

makasih ya cantik. jadi kamu gak perlu olahraga cukup baca blog aku aja :p. oke guekunjungin deh buat kamu. bonus follow juga :D muehehe

Balas

Makasih bro, hehe gak sia-sia gue begadang.

Balas

Bener bro, mending musiknya melow, kadang ngerock :D

Balas

HAHAHAA makasih banget mas, tapi ini cuma ngandelin prinsip desain "SIMPEL TAPI ELEGAN" :p masih banyak yang lebih bagus :D

Balas

pilihlah warna yang cocok, di adobe kuler (perpaduanwarna) link yg gue kasih. ada perpaduan warna yg cocok. mungkin bisa dipake warna-warnanya

Balas

hehe ayo rajin2 lagi otak atik blog kamu :D. lain waktu aku posting lagi cantik.

Balas

kalo blognya buat cari uang gmna om, kan juga butuh iklan,,,

dtunggu kunbalnya

Balas

seperti yang udah saya bilang diawal, bahwa pegguna blog (blogger) punya tujuan berbeda-beda. yang jelas pengunjung pada dasarnya cuma ingin mendapatkan informasi dari blog tersebut bukan iklannya :D

Balas

Oiya top menu lo keren deh, mau kagak bikinin gue yang kayak gitu tapi warna merah ?

Balas

kalo ada waktu gue bikinin bro :D

Balas

Ditunggu yak kerja samanya :D

Balas

thanks buat tipsnya! tulisannya keren banget ! :D

Balas

keren gan postingannya, mau nanya nih kalo buat sudut blog jadi melengkung gitu gimana sih ? thanks :)

Balas

oom , semut , .

ajarin newbie , buat header dong :D , .

Balas

hehe makasih bro

Balas

melengkung yang gimana dulu gan :D

Balas

hehe yuk mari..

Balas

nice tips sangat berguna buat newbie seprti saya

Balas

Makasih infonya, sangat bermanfaat, karena saya punya masalah ama berat blog saya....hehehe

Balas

kaka itu supaya akun fb sama akun twitter agar ada di samping kaya gitu gimana caranya???

Balas

Walking Perdana Sob
Walking Juga Blog sy di http://riananugrah.mywapblog.com

Balas

Walking Perdana Sob
Walking Juga Blog sy di http://riananugrah.mywapblog.com

Balas

Thank"s gan untuk tips nya w baru nyoba2 bikin blog nih...
Sukses selalu terus berkarya..,

Balas

waduh aku masih belum mahir utak-atik blog. jadi tampilannya masih standart

Balas

Bagus dan Kreatif.. terus berkarya
http://rahmatsyahramadhany.blogspot.com

Balas

masih blm ngerti gua hhaa #dusub

Balas

menginspirasiii :tepuktangan: :D

Balas

mau diajarin secara langsung dooong hihihi

Balas

Bermanfaat banged yan postingannya!

Balas

Blog lu udah keren nih, makasih ya infonya

Balas

ituDomino.com | Agen Judi Domino Online Indonesia,
Kami Agen Judi Domino Online Indonesia - ituDomino.com mengadakan Kontes SEO yang akan di mulai pada tanggal 15 Maret 2014 sampai dengan 31 Mei 2014 , dengan Total Hadiah Rp 30.000.000,-
Ikuti dan Daftarkan diri Anda untuk memenangkan dan ikut menguji kemampuan SEO Anda. Siapkan website terbaik Anda untuk mengikuti kontes SEO ini. Buktikan bahwa Anda adalah Ahli SEO disini. Saat yang tepat untuk mencoba kemampuan SEO Anda dengan tidak sia-sia, hadiah kontes ini adalah Rp 30.000.000,- Tunggu apa lagi?
Kontes SEO ituDomino.com ini akan menggunakan kata kunci (Keyword) "ituDomino.com JUDI DOMINO, AGEN DOMINO, AGEN JUDI DOMINO ONLINE INDONESIA TERPERCAYA".
Jika Anda cukup percaya akan kemampuan SEO Anda, daftarkan web
terbaik Anda SEKARANG JUGA! Dan menangkan hadiah pertama
Rp 10.000.000.

Balas

bang bikin blog gue jadi cantik dong

Balas


PROMO BESAR-BESARAN OLIVIACLUB 100%....!!!!
promo oliviaclub kali ini adalah promo deposit akan mendapatkan bonus chip sebesar nilai deposit yang disetorkan
jadi untuk para pecinta poker oliviaclub yang sudah lama mendaftar ataupun yang baru melakukan register.. akan bisa mengikuti promo ini...

SYARAT DAN KETENTUAN
1.pemain dapat mengklaim bonus promo melalui live chat kami
2.pemain yang mengikuti promo tidak akan bisa melakukan WD sebelum turnover/fee/pajak belum mencapai 30 x lipat dari angka deposit.
3.minimal deposit untuk promo ini adalah Rp.50.000
maximal deposit adalah Rp.200.000
apabila ada pemain yang melakukan deposit diatas 200rb rupiah..
hanya 200rb yang akan di hitung untuk mendapatkan bonus
promo ini
4. apabila pemain melakukan deposit sebanyak 50rb akan
mendapatkan bonus 50rb.. dan apabila chip habis dan melakukan
deposit 50rb lagi maka harus menunggu selama 6 jam terlebih
dahulu sebelum dapat mengklaim bonus 100% dari
angkadeposit..
batas maksimal klaim bonus tetap max deposit 200rb per hari
5. klaim bonus promo berlaku 1x12 jam..
para pemain diharuskan mengklaim bonus sebelum bermain..jika
ada pemain yang melakukan deposit dan bermain..
baru setelah bermain mengklaim bonus..maka tidak akan dilayani
6.PROMO OLIVIACLUB ini dapat berakhir sewaktu waktu tanpa
pemberitahuan terlebih dahulu
7.keputusan pihak OLIVIACLUB tidak dapat diganggu gugat dan
mutlak

CARA MENGKLAIM BONUS PROMO :
1.setelah melakukan register dan deposit maka pemain harus melakukan login dan masuk ke menu memo,tulis subjek klaim voucher promo
2.admin OLIVIACLUB akan segera membalas memo anda dan
memberikan kode voucher.
3.setelah menerima kode voucher silakan menuju menu deposit
isi kan formulir deposit sebagaimana anda biasa melakukan deposit.
setelah itu pada kolom keterangan di menu deposit silakan anda tuliskan kode voucher yang telah diberikan
4.silakan gunakan jasa live chat kami untuk membantu anda dalam mengklaim bonus PROMO OLIVIACLUB

WARNING....!!!!!
apabila pemain belum melakukan deposit dan mencoba untuk mengklaim bonus.. maka id akan kami blokir/delete secara permanen.
transfer chip tidak di perbolehkan dan akan di tindak tegas

Balas

menarik sekali, sy juga template blognya, terutama warnanya, kalau bisa share juga dong

Balas

Konten Adalah Raja Dan Backlink Adalah Ratu... Sebuah Blog Tidak Akan Pernah Bagus Jika Tidak Di Dukung Artikel Yang Berkualitas... www.okartikel.com

Balas

mantap dah ini artikelnya
http://acemaxs31.com/obat-alzheimer-tradisional/

Balas

sangat membantu bro
nice job..

Balas

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!