KADO TERAKHIR

Gue heran sama sistem per-ulangtahunan di Indonesia, kenapa setiap orang ulang tahun diceplokin telor ayam, dan ditaburin tepung, terus disiram air, kalau emang mau bikin kue, sekalian aja dimasukin oven, gue sebagai penonton juga ngerasain nikmatnya cake real human. 

Kalau manusia dijadiin cake, jangankan sumanto nenek kerbau juga doyan, emang kerbau makan daging ya?. Diceplokin saat ulang tahun pake telor ayam itu biasa, mungkin lain kali gue pengen nyeplokin telor buaya ke temen gue tepat didepan induk buaya yang punya telor.

Ulang tahun pasti ada surprise yang dikasih sama orang terdekat, dulu gue pernah dikasi surprise hadiah seekor bayi. Itu bayi kura-kura yang gue kasih nama belut. Tapi sayang belut sang bayi kura-kura gue mati sebelum sempat jadi ninja, sebagai calon kura-kura ninja dia gagal. Ironis memang

Selama pacaran, gue nggak pernah absen buat ngasih kejutan ke pacar-pacar gue, karena gue tau sekali aja gue alpa gue bakalan kena point, kecuali kalau izin atau sakit. (Lo kira absen sekolah). Hadiah yang gue kasih emang sederhana tapi bermakna, aseek. 

Gue pernah ngasi hadiah kucing, karena dia suka sama kucing. Sebenarnya itu kucing tetangga gue yang suka pup sembarangan, jadi daripada gue buang mending gue kasih dia buat dipelihara. 


Hadiah yang paling mengharukan adalah waktu gue memberikan sebuah video dokumenter kisah pengorbanan gue buat ngucapin “happy birthday” karena video itu gue rela hujan-hujanan, gue rela nyari temen tebengan, dan gue juga rela dibeliin mobil, dikasih tiket buat keparis pulang dan pergi gratis. Sungguh gue rela.

Tapi, selang dua hari kado itu nyampe kedia gue malah diputusin, setelah kejadian itu gue sadar kalau selama ini gue terlalu ganteng sebagai pacar dia, atau dia yang terlalu jelek jadi pacar gue. Entahlah. 

Kalau mantan gue baca tulisan ini, tolong bilangin ke dia, gue sekarang udah bahagia. ya tentunya sebagai penjual umang-umang.

Karena gue yang selalu memberikan kado spesial dan ahli memilih kado yang pas buat seseorang, temen gue tertarik buat minta tolong nyariin kado buat gebetannya. Dia wahyu, temen sekelas merangkap teman sebangku gue. 

Gue hampir tiga tahun temenan sama wahyu, dia adalah teman tebengan terbaik gue, gue gak bakalan sampai kesekolah tanpa wahyu, dan gue nggak bakal pulang kerumah tanpa wahyu juga. 

Motivasi gue temenan sama wahyu itu karena hanya dengan berteman dengan wahyu gue bisa dipanggil ganteng.

Jadi ceritanya wahyu minta tolong gue  buat nyariin kado yang pas dan tepat untuk gebetanya, wahyu emang udah lama naksir gebetannya ini tapi selalu ditolak, gue udah pernah ngasih saran ke wahyu.

“yu, sebelum lo ditolak sama dia, lo diving aja pura-pura jatoh, siapa tau dengan begitu dia dikasih kartu kuning sama wasit dan iba sama lo”. Saran gue.

“lo kira kita lagi main bola, kampret!” jawab wahyu.


--

Gue selalu salah dalam memberikan saran, tapi kenapa wahyu selalu ditolak? Itu karena selera wahyu mencari gebetan ketinggian, tidak sesuai dengan standard wajahnya sendiri. Wahyu nggak jelek-jelek banget dibanding gue yang lebih kelihatan kayak tumor kanker ganas stadium gelora bung karno.

Gebetan atau orang yang wahyu suka, gue akui emang cantik-cantik, lebih tepatnya CALON gebetan wahyu emang cantik-cantik, dia sering ngenalin gue ke calon gebetannya walaupun nggak pernah secara langsung. 

Misalnya waktu itu dia ngenalin gue sama calon gebetannya yang punya salah satu toko di mall.

“ini, toko punya keluarga calon gebetan gue, biasanya dia jaga toko ini” ujar wahyu sambil nunjuk-nunjuk toko punya keluarga calon gebetannya.

“terus kenapa lo nggak mau masuk, siapa tau dia yang jaga, kalau nggak mau sini biar gue yang masuk” jawab gue penuh percaya diri.

Dan gue pun mulai melangkah masuk buat ngeliat yang mana gebetan si wahyu.

“eh… kampret tunggu” kata wahyu gugup langsung narik lengan gue yang tinggal selangkah mau masuk toko itu.

“lah, lo kenapa?” Tanya gue kesal.

“lo liat, itu toko yang jual pakaian cewek-cewek, lo kedalam mau ngapain? Gue belum siap jika harus menerima seorang teman yang punya kepribadian ganda, atau jangan-jangan lo lagi yang tiap malem mangkal disimpang?” penjelasan wahyu panjang lebar.

“astaga, untung lo ingetin. Kampret lo kira gue apaan?” jawab gue yang sambil mengelus dagu wahyu.

“anjir! Jijik!” ujar wahyu.

Selain punya calon gebetan sang penjaga toko, wahyu juga pernah punya calon gebetan yang sesuai sama hobinya yaitu nge-game, kalau soal game wahyu nggak perlu diragukan lagi, dia sanggup begadang sampai pagi menatap layar cuma buat main game. Kalau komputernya rusak dia main game di playstation, kalau playstationnya rusak, dia main game di hape, kalau hapenya rusak dia main ular tangga.


--


Karena pacaran dengan sesama gamer, wahyu jadi susah buat diajak keluar nongkrong, malam minggu adalah jadwalnya nge-game bareng calon gebetannya, mereka malam mingguan dalam sebuah server game. Ironis memang.

Yang lebih lagi, wahyu pernah punya calon gebetan olahragawan, dia atlet volley dan karate. Bodi nya emang gak nahan, kayak vespa yang dikombinasikan dengan kaisar. Namanya juga atlet wajar sih kalau punya struktur tubuh yang aduhai kayak gitar Zimbabwe (karena gitar spanyol udah biasa).

Dulu katanya si wahyu pernah ngasi kado buat ulang tahun si atlet, ngasih kado coklat. Jadi kado coklat itu ditaruh dekat pagar depan rumah calon gebetannya. Gue ulangi dipagar depan rumah CALON gebetannya.

Menurut cerita dari wahyu, ternyata sang calon gebetan lagi latihan karate,   hampir dua jam dia bolak-balik lewat depan rumah calon gebetan Cuma buat memeriksa apakah coklat udah diambil atau belum, ternyata coklatnya gak diambil-ambil, akhirnya wahyu memutuskan untuk mengambil coklat itu lagi dan kemudian dimakan sendiri.

Karena nggak mau kejadian itu terulang lagi, wahyu bermaksud minta tolong gue buat nyari kado yang pas buat calon gebetannya sang atlet itu. Sebagai teman sebangku dan teman tebengan yang baik dan ganteng gue harus membantu wahyu dengan segenap jiwa raga.

Dan gue mulai memikirkan kado yang pas untuk calon gebetan wahyu, mengingat dia adalah seorang atlet volley, gue bermaksud buat ngadoin dia tiang beserta net volley, tau aja dia bisa latihan di perkarangan rumahnya, tapi rasanya itu tidak mungkin mengingat kejadian wahyu dulu.

Atau karena dia juga seorang atlet karate, dan kayaknya agar menjadi kado spesial gue menyuruh wahyu buat mencari kostum pakaian karate yang langsung didapatkan dari jepang. Dan lagi rasanya itu sangat amat tidak mungkin. Jangankan buat beliin kostum karate buat beliin G-string aja rasanya wahyu harus mikir-mikir lagi.

--

Gue bermaksud menenangkan wahyu yang terlanjur putus asa, “Wahyu kamu jangan kecewa dulu, saya temanmu akan membantu untuk mendapatkan kembali sasuke dari tangan orochimaru” tapi gue malah mulai ngaco.

“oke, terima kasih kawan. Kita harus menjaga desa konoha dari serangan musuh” ternyata wahyu juga jauh lebih ngaco daripada wahyu.

“gini yu, disini susah nyari mawar merah yang hidup, biasanya mawar boongan semua, kita kasih hadiah bunga mawar aja, kan langka tuh? Dan boneka kecil yang imut gitu?" usul gue.

“nah, tumben lo pinter, tapi nyari dimana?” ujar wahyu.

Tiga jam berlalu, kami hanya menemukan mawar hidup yang hanya dijual satu pot bukan satu tangkai, ternyata mendapatkan mawar hidup nggak semudah yang gue bayangkan, rasanya hampir sama kayak nahan boker disaat toilet sedang dipake. Entah apa hubungannya bunga mawar sama boker.

Setelah mengelilingi mall hampir empat jam, menerobos lampu merah hampir tiga kali, dan gue yang hampir jadian sama nabilah jkt48, akhirnya kami menemukan mawar hidup asli yang persis kayak di film-film, saat melihat ada yang jual mawar hidup waktu itu wahyu yang awalnya cemberut kayak koreng seketika berubah jauh lebih baik kayak .... bekas koreng.



--



Gue semakin haus, karena pencarian kado ini diwaktu kami sedang dalam keadaan berpuasa, betapa berkorbannya wahyu yang kayak bekas koreng tadi dan gue yang malah kehausan mirip kayak kutil.

Tapi kalau Cuma satu hadiah rasanya belum cukup, gue mulai mencari kontak temen yang bisa dihubungi buat nanya-nanya hadiah apa yang harus ditambah, dan ternyata satu hadiah lagi yaitu sebuah papercraft minion yang imut banget gue dapetin dari adik kelas.

Nah, hadiah sudah terkumpul. Dan saatnya buat membungkus hadiah ini, gue baru sadar ternyata nggak ada diantara kami yang bisa membungkus sebuah kado, gue dulu emang selalu minta dibungkusin.

“ah elah, kirain lo bisa bungkusin kado! Jadi gimana nih?” kata wahyu yang udah hampir gila. Padahal wahyu udah gila beneran.

“tenang yu, kita minta tolong wulan aja buat ngadoin ini” usul gue.

Wulan temen cewek gue, selain rumahnya yang lumayan dekat, dia kreatif, dia ahli banget soal nyampul menyampul sebuah barang. Ya barang. Gue ulangi sekali lagi, dia ahli dalam nyampul menyampul barang.



--


Setelah janjian sama wulan, dan setengah perjalanan wahyu mendapat telpon dari bokapnya untuk disuruh pulang karena motor yang wahyu pake bareng gue mau dipake sama bokapnya. 

Dan gue sama wahyu terpaksa pake motor sepeda punya nyokapnya yang menurut gue lebih cepat jalan kura-kura yang lagi keseleo. 

sumber


Motor sepeda nyokap wahyu emang masih langka ditempat gue, modelnya kayak sepeda tapi juga kayak motor, nggak pake bensin tapi aki gitu, bisa digowes kalau akinya udah habis.

Tapi apa sih yang enggak demi cinta? Eaak.

Kami yang harusnya sampai lebih cepat malah harus lelet karena salah jalan. Kampret! Sepanjang jalan semua orang ngeliatin gue dan wahyu, mungkin karena heran ngeliat motor sepeda yang bisa di gowes, dan bisa digas.

“hahaha! Lucu!” teriak ibu-ibu yang lewat disamping gue.

“liat-liat motor sepeda!” teriak anak-anak sekampung, sambil nunjuk-nunjuk kearah kami.

Kampret, kampungan banget nih anak-anak, bikin malu aja. Emang sebenarnya bikin malu sih, standard ukuran motor sepeda yang kami pake itu kecil tapi digunakan orang-orang kayak gue dan wahyu. Seperti dominic toretto di fast & fourious yang lagi mengendarai sepeda ontel.

Sekali lagi, apa sih yang enggak demi cinta? Eaaaaaaaaak


--


Hampir sampai dirumah wulan, ternyata udah waktunya buat berbuka puasa, gue dan wahyu bermaksud untuk membatalkan puasa diwarung terdekat. Tapi ternyata nggak ada warung terdekat terpaksa harus putar balik nyari warung.

“waah. Pengorbanan banget yu kali ini” kata gue setelah meneguk air dua botol.

“iya bro, bentar lagi sukses nih” kata wahyu yang keliatan kecapekan boncengin gue yang berat dosa ini.

Setelah berbuka puasa seadanya, kami melanjutkan perjalanan kerumah wulan buat bungkusin kado. Gue nggak salah minta tolong wulan, sekitar sepuluh menitan kado udah terbungkus rapi. Dan saatnya buat memberikan kado.

Seperti biasa, wahyu nggak berani buat ngasih secara langsung, tapi melalui seorang teman lagi.

“yu, kayaknya lebih afdol kalau ada surat deh” usul gue lagi sebagai master of kado-mengkado.

“boleh, tapi isinya apa?” Tanya wahyu.

“tenang, apa gunanya lo punya temen puitis kayak gue” gue sedikit membanggakan diri.

Memang, gue ahlinya soal bikin cewek klepek-klepek, buktinya terakhir gue bacain puisi ke cewek, dia langsung kagum dan matanya berbinar-binar. Anak SD itu emang mudah terharu dan cengeng.

Setelah gue pikir-pikir lagi, ternyata tulisan gue nggak bagus banget, gimana dia mau tau kalau baca suratnya aja nggak bisa, dan wahyu? Tulisannya bahkan jauh lebih jelek dari koreng. 

Akhirnya kami memutuskan untuk minta tolong salah satu teman lagi yang akan mengantarkan kado terindah ini menulis sebuah surat.

“oke bro, lo tulis ya gue kasih tau rangkaian kata-kata ucapan selamat ulang tahun ini” perintah gue.

“oke siap!” ujar sang pengantar kado.

/////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////

Batam,
Untuk : atlet volley & karate yang aku banggakan.

Assalamualaikum wr. wb
Selamat ulang tahun ya, maaf aku nggak bisa ngasih kado ini secara langsung. Aku grogi. Aku minta tolong temen nulis ini karena tulisan aku jelek. Hehe. Jangan senyum-senyum dong, makin manis aja, entar aku diabetes loh.

Semoga dengan ulang tahun kamu ini, kamu bisa lebih dewasa makin kuat smash bola nya, makin kuat pukulannya, panjang umur dan sehat selalu.

Mungkin hadiah ini nggak seberapa, tapi setidaknya bisa jadi kenangan berharga antara kita. Sekali lagi selamat ulang tahun ya.


                                                                                                            Hamba Allah

/////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////////


Begitulah kira-kira surat yang mengiringi kado setangkai mawar, untuk dia yang dicintai wahyu. Gue sendiri terharu dengan pengorbanan yang melelahkan ini.

Setelah kado sampai kepada tujuan, selang beberapa hari gue nggak mendengarkan kabar apa-apa dari wahyu maupun sang calon gebetan.

“eh gimana kabar kado yang dikasih kemarin buat CALON gebetan?” Tanya gue penasaran., yang lebih gue tekankan saat ngomong CALON.

“yah begitulah, nggak ada respon apa-apa” jawab wahyu pasrah.

Apa!!!! Pengorbanan yang sebesar itu nggak dapat apa-apa!!! Wah kasihan si wahyu, dan gue Cuma bisa prihatin nggak bisa ngapa-ngapain.

“ucapan terima kasih nggak ada gitu?” Tanya gue.

“nggak”. Jawab wahyu lemes.

Gue nggak tau entah karena sang calon gebetan nggak tau kalau siapa yang ngasih dia kado sebenarnya, atau dia emang udah menutup hati buat wahyu. Sekarang calon gebetan udah berubah status menjadi Mantan Calon Gebetan.

Setelah kejadian itu, ternyata kado yang dikasih oleh wahyu Setangkai bunga mawar dan sebuah papercraft minion yang imut merupakan kado terakhir dia dan kenang-kenangan terakhir dia mengagumi sesosok sang atlet.

atau jangan-jangan, mawar yang dikasih udah duluan layu.

yaaah, begitulah sekiranya pengalaman mengenai kado terakhir ini. Menurut gue kado terindah buka dari berapa besar nilai hadiahnya, tapi betapa besar pengorbanan untuk memberikan hadiah itu. 

penulis,
dia yang telah ditikung teman sendiri.

11 Cibiran

"Mantan calon gebetan." Nyesek banget bacanya :'))

Balas

Khak! Asem hahah good post bro!

Balas

hehehe thank you bro

Balas

Kucing di pake hadiah,,
Nggak kebayang gimana kalo waktu di taro di kardus. Kucingnya apa nggak goyang ngebor kardusnya kwkekwkek
Tapy gokil tulisannya sob :)

Balas

gw juga pernah kayak gini T,T

Balas

Hahaha anjirr.. Kocak. Itu si wahyu cemen amat. Langsung kasih ke orangnya langsung bisaa kalee... Hahaha... :{D

Balas

keren sumpah, gua paling suka sama si wahyu, salamin ya.

Balas

Gue juga pernah nih ngasih kado tapi ga berani ngasih langsung. Akhirnya gue juga pake surat dan taro di depan rumahnya. Terus gue tanya dia udah terima kiriman apa belum? Dia jawab belum. Akhir-akhir ini gue tau kalo kiriman gue di ambil gembel yang lewat depan rumahnya.

*Loh curhat?*
BTW, pengalaman lo sama si wahyu itu keren, layaknya anak muda yang sedang membantu memperjuangkan cinta temannya. haha. :D

mampir kesini: www.celotehan-pelajar.blogspot.com

Balas

Seru juga ya, ngasih kucing, kucingnya cowok apa cewek ? kalo cowok, hati2 bisa jadi selingkuhan, tapi ga ngepek juga, udah putus kan :D

Balas

Ini kolom komentar, bukan formulir pendaftaran jadi pacar aku ya!

Copyright 2014 Semutboy

Concept by Apriansyah. Designed by Jang!